PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS PROSES TATAKELOLA INFRASTRUKTUR JARINGAN PEMERINTAH DAERAH XYZ

Nur Sigit Sulistya Hadi, Eko Nugroho2, Dani Adhipta

Abstract


Infrastruktur jaringan merupakan fondasi dalam penerapan teknologi informasi (TI) sekaligus merupakan aset yang kompleks karena perkembangan teknologi yang cepat dan perubahan kebutuhan organisasi sehingga perlu dikelola untuk memaksimalkan kinerja dalam mencapai tujuan organisasi. Infrastruktur jaringan yang dibangun Pemerintah Daerah (Pemda) XYZ sampai tahun 2013 telah menghubungkan 51 titik yang terdiri dari 32 instansi, 10 Unit Pelayanan Teknis Daerah, 3 titik di kabupaten/kota dan 6 titik hotspot di tempat umum. Tingkat kapabilitas tatakelola infrastruktur jaringan harus diukur secara berkala dan dilakukan secara obyektif untuk memastikan sumber daya infrastuktur jaringan dikelola secara efektif. Penelitian ini mengukur tingkat kapabilitas tatakelola infrastruktur jaringan Pemda XYZ menggunakan kerangka kerja Control Objective for Information and Related Technology 5 (COBIT 5). IT-Related Goals yang digunakan yaitu optimalisasi aset TI, sumber daya dan kapabilitas serta keamanan informasi, pemrosesan infrastruktur dan aplikasi. Pengukuran menggunakan 16 proses dalam COBIT 5, pengumpulan data menggunakan 8 orang responden yang merupakan pengelola infrastruktur jaringan yang diperoleh berdasarkan pemetaan 16 proses yang digunakan dengan tanggung jawab masing-masing pegawai. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pengelolaan infrastruktur jaringan dengan IT-Related Goals optimalisasi aset TI, sumber daya dan kapabilitas telah dilaksanakan dan saat ini berada pada kapabilitas tingkat 1 (performed process), sedangkan IT-Related Goals keamanan informasi, pemrosesan infrastruktur dan aplikasi belum sepenuhnya dilaksanakan dan saat ini berada pada kapabilitas tingkat 0 (incomplete process).


Full Text:

PDF

References


Ayuning Budiati, "IT Governance Sektor Publik di Indonesia : Konsep dan Kebijakan," Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia, 2006.

Peter Weill, Mani Subramani, and Marianne Broadbent, "IT Infrastructure for Strategic Agility," Center For Information System Research, 2002.

ISACA, "Process Assesment Model," in Control Objective for Information and Related Technology 5 (COBIT 5). USA: ISACA, 2012.

ISACA, A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. USA: ISACA, 2012.

ITGI, "Board Briefing on IT Governance 2nd Edition," IT Governance Institute, 2003.

ISACA, COBIT 5 Introduction, 2012.

ISACA, "Enabling Process," in Control Objective for Information and Related Technology (COBIT 5). USA: ISACA, 2012.

ISACA, "Implementation," in COBIT 5 Implementation. USA: ISACA, 2012.

G Spafford, "The Benefits of Standard IT Governance Frameworks," IT Management, 2003.

ITGI, COBIT Mapping (Overview of International IT Guidance) 2nd edition, 2nd ed. United States of America: The IT Governance Institute, 2006.

Mario Spremic, "Measuring IT Governance Performance: a Research Study on CobiT- Based Regulation Framework Usage," International Journal of Mathematics and Computers in Simulation, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.