E-MALL KUKM DI INDONESIA

Wiro Santoso Waas, Lukito Edi Nugroho, Mardhani Riasetiawan

Abstract


Koperasi dan UKM (KUKM) pada umumnya memiliki pangsa pasar yang terbatas karena keterbatasan untuk melakukan promosi dan penjualan produk dan jasa di daerah sekitar KUKM saja. Hal ini menyebabkan KUKM hanya memperoleh beberapa pelanggan. Sebagian besar KUKM terkendala kemampuan finansial maupun teknikal dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur TI. Perkembangan TI seharusnya selaras dengan penerapannya pada proses bisnis sehingga dapat memperluas pangsa pasar dan meraih konsumen di luar daerah. Paper ini mengkaji bagaimana penerapan dan permasalahan e-lectronic Shopping Mall (e-Mall) pada KUKM. Berdasarkan hasil identifikasi tersebut, didapatkan bahwa KUKM telah mampu untuk menggunakan teknologi informasi dan menyelaraskannya dengan strategi bisnis. Salah satu hal yang sangat diunggulkan dan disebut sebagai hal yang sangat penting dari e-Mall adalah fasilitas yang menyediakan harga barang-barang dalam segala macam jenis dan tipenya dari berbagai KUKM. Hambatan yang ditemui dalam perkembangan e-Mall KUKM adalah ketidaksiapan konsumen untuk beralih dari sistem belanja tradisional ke sistem online, calon pembeli hanya bisa mendapatkan informasi/data tentang produk hanya berupa visual image, teks dan audio. Untuk mengatasi tantangan ini unsur kepercayaan menjadi unsur penting dalam bisnis e-Mall


Full Text:

PDF

References


Kementerian Koperasi dan UKM, "Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB)," 2013. [Online]. Available: http://www.depkop.go.id/ phocadownload/data_umkm/sandingan_data_umkm_2011- 2012.pdf. [Accessed 10 November 2013].

M. Kuncoro, "Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan," Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil di Indonesia, 2000.

F. Wahid, "Adopsi Teknologi Informasi oleh Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia," in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 2007.

E. Daniel, Wilson, Hugh, A. Davis and e. al, "The diffusion of e-commerce in UK SMEs," Journal of Marketing Management, no. 24, pp. 489-516, 2008.

Santarelli, E.d.D.A. and Samuele, "The Diffusion of ECommerce among SMEs: Theoretical Implications and Wmpirical Evidence," Small Business Economics, no. 21, pp. 273-283, 2003.

U. Riyeke, Framework E-commerce, vol. XXXII, Yogyakarta: Andi Publisher, 2002, p. 198–221.

S. Kustanti and V. A. Intanny, Perkembangan Dan Tantangan E-Commerce Di Indonesia, Yogyakarta: Information Technology Strategy and Busines Alignment, 2012.

Kramel, K.L., Gibbs and J. d. J. Dedrick, "Impacts of Globalization on E-Commerce Use and Firm Performance: A Cross Country Investigation," The Information Society, no. 21, pp. 323 - 340, 30 Juni 2005.

J. N. Luftman, P. R. Lewis and S. H. Oldach, "Transforming the enterprise: The alignment of business and information strategies," IBM System Journal, vol. XXXII, no. 1, 1993.

J. Luftman, "Assessing Business-IT Alignment Maturity," Communications of the Association for Information Systems, vol. VI, no. 1, p. 198 – 221, 30 Juni 2000.

Oh, J.C., Yoon, S.J., a. Park and B.I., "A structural approach to examine the quality attributes of e-shopping malls using the Kano model.," Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, vol. XXIV, no. 2, pp. 305-327, 2012

Alexa, "Search Analytics for e-Commerce Indonesia," 10 November 2013. [Online]. Available: http://www.alexa.com/ search?q=e-commerce+indonesia&r=site_siteinfo&p=bigtop. [Accessed 10 November 2013].

E. Kurnia, "Telkom Kembangkan "Plasa.com" Menjadi Portal e-Commerce," 25 Maret 2010. [Online]. Available: http://telkom.net/pojok-media/siaran-pers/telkom-kembangkanplasa- com-menjadi-portal-e-commerce.html. [Accessed 10 November 2013].

D. I. Aditya, Pengantar Sistem Tehnologi Informasi, Surakarta: Mediatama, 2012.

F. Widiantoro, "Microsoft Windows Live Perkuat Plasa.com," 28 Oktober 2010. [Online]. Available: http://inet.detik.com/ read/2010/10/28/145005/1477662/398/microsoft-windows-liveperkuat- plasacom. [Accessed 10 November 2013].

B. H. Mantri, "Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce," Ejournal Undip, no. 1, p. 589, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.