PEMODELAN DAN AKTUALISASI GERAK HARMONISASI PADA LAJU ROBOT BERKAKI

S.N.M.P. Simamora, F. Santosa

Abstract


Trend dan perkembangan robot berkaki semakin meningkat seiring dengan ketertarikan animo masyarakat di bidang mikrokontroler. Dibandingkan dengan robot beroda, robot berkaki merupakan dasar pengembangan kepada robot humanoid nantinya yang akan merepresentasikan manusia. Tantangan ke depan pada bidang robot berkaki terletak pada harmonisasi gerakan dan kesetimbangan langkah dalam memikul beban yang dimiliki. Oleh sebab itu di akhir penelitian ini disimpulkan bahwa pemilihan bahan dan material penyusun serta pembangun badan dan kaki robot beroda harus diperhitungkan dengan nilai tenaga yang diciptakan dari sumber daya yang dimiliki. Dengan demikian aspek harmonisasi dan kesetimbangan dapat tercapai. Penelitian ini juga telah selesai memodelkan serta mengatualisasikan dalam implementasi robot berkaki dalam harmonisasi gerakan maju, gerakan mundur, gerakan belok; dan kesetimbangan yang didapatkan saat gerakan dilakukan.


Full Text:

PDF

References


J. Wen, J. Wang, W. Chen, J. Zhang. "A gait planning approach for locomotion stability of four-legged robots". 7th IEEE Conference on Industrial Electronics and Applications (ICIEA), 2012. hal.324-329.

F. Patane, V. Mattoli, C. Laschi, B. Mazzolai, P. Dario, H. Ishii, A. Takanishi. "Biomechatronic design and development of a legged rat robot". IEEE International Conference on Robotics and Biomimetics, 2007. ROBIO 2007. hal.847-852.

P. Chiacchio, S. Chiaverini. Complex Robotic Systems (Lecture Notes in Control and Information Sciences). Springer. 1998.

S.N.M.P. Simamora, A. Pratama. "Sistem Pemodelan Aktuator Lengan Tunggal untuk Gerak Bidang Horisontal". Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi (SNIT) 2013. hal.187-191.

S.A.A. Moosavian, A. Mozdbaran. "Dynamics and Motion Planning of a Wheel-Legged Mobile Robot". IEEE International Conference on Control Applications, 2007. CCA 2007. hal.581- 586.

Z. Guangtao, Z. Haojun, J. Wang, L. Tiemin. "Petri-net-based coordination motion control for legged robot". IEEE International Conference on Systems, Man and Cybernetics, 2003. Volume: 1. hal.581-586.

N.A. Patel, S.N. Pradhan, K.D. Shah. "Two legged robot design , simulation and realization". 4th International Conference on Autonomous Robots and Agents, 2009. ICARA 2009. hal.426- 429.

K.S. Lian. "Legged robot". IEEE International Conference on Systems, Man and Cybernetics, 1995. Intelligent Systems for the 21st Century, Volume: 2. hal.1297-1302.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.