ANALISIS KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI KEMENTERIAN KEHUTANAN DI PAPUA BARAT

Yobo Endra Prananta, Ashari Ashari, Sudjoko Sumaryono

Abstract


Evaluasi merupakan salah satu aspek penting yang diperlukan untuk menentukan keberhasilan implementasi suatu sistem informasi. Melalui evaluasi ini akan diperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan dari sistem dan mengevaluasi tingkat keberhasilan dari implementasi sistem. Sistem Informasi Geografi Kehutanan Kementerian Kehutanan (webGIS Kemenhut) merupakan sebuah sistem yang sudah diimplementasikan tetapi masih membutuhkan umpan balik untuk melakukan perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini melakukan evaluasi implementasi webGIS Kemenhut diukur dari tingkat kepuasan dan manfaat yang dirasakan dari pengguna sistem di lingkungan Kementerian Kehutanan Wilayah Provinsi Papua Barat. Penelitian ini menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean (2003) yang dimodifikasi dengan menghilangkan konstruk penggunaan (use). Penelitian ini digunakan untuk menguji apakah kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), dan kualitas pelayanan (service quality) berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna sistem (user satisfaction), serta menguji apakah kualitas sistem, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap net benefit. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner yang terkumpul sekitar 100 dari responden pengguna webGIS Kemenhut. Metode analisis yang digunakan adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan alternatif lain Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepuasan pengguna sistem dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan. Sedangkan net benefits tidak dipengaruhi secara signifikan oleh kualitas informasi namun dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan pengguna dan kualitas sistem selain itu didapatkan evaluasi keberhasilan yang belum sepenuhnya memenuhi harapan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Thomas Nifinluri et al., "Redd Carbon Market Potential Development (A Framework for Identifying Various Demonstration Project and Investment)," in GCF Aceh Meeting 2010, Jakarta, 2010, pp. 1 - 9.

Kemenhut, Forestry Statistics of Indonesia. Jakarta: Ministry of Forestry Indonesian, 2011.

Dien Andriyani, Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pemeriksaan Di BPK RI Dengan Model Kesuksesan Delone & Mclean Modifikasian. Yogyakarta: Tesis S2, Universitas Gajah Mada, 2011.

Goodhue dan Thompson, "Task-Technology Fit and Individual Performance," MIS Quarterly, pp. 213-236, 1995.

William H DeLone and Ephraim R McLean, "The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten- Year Update Management Information System," vol. Vol 19, No.4, 9-30, 2003.

Imam Ghozali, Structural Equation Model Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.