ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KONVERTER UNTUK FILE MANAJEMEN KAS PERBANKAN

Kusnawi Kusnawi, Barid Yulianto

Abstract


Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin pesat sehingga dapat menunjang kepentingan bisnis, pelayanan informasi, administrasi dan memenangkan persaingan bisnis. Demikian juga didalam dunia perbankan kebutuhan akan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan transaksi keuangan perbankan sangat dibutuhkan, sehingga dapat mendukung kegiatan pengelolaan perputaran arus kas secara efektif dan efisien sehingga meningkatkan profitabilitas yang optimal. Setiap perusahaan perbankan mempunyai layanan cash management, yang didalam pengelolaannya menggunakan sebuah file yang sudah terstrukturisasi sesuai dengan kebutuhan. Setiap perusahaan perbankan dan nasabah mempunyai struktur file tersendiri, sehingga untuk menyamakan format dan struktur file dari nasabah dengan perusahaan perbankan dibutuhkan sebuah applikasi konverter. File cash management digunakan sebagai file input dari sistem perusahaan perbankan untuk melakukan pembayaran secara masal. File cash management mempunyai stuktur khusus yang digunakan sebagai alat untuk bertransaksi, di dalamnya terdapat informasi - informasi yang digunakan oleh perusahaan perbankan untuk melakukan kegiatan pengelolaan arus kas, seperti kegiatan debit dan kredit. File nasabah akan menjadi input pada applikasi konverter dan outputnya adalah file cash management yang sudah sesuai dengan format input di layanan cash management. Perbedaan format dan struktur file dari nasabah dan perusahaan perbankan dijembatani dengan pemetaan isi yang nantinya dapat dikelola sendiri sehingga input dan output dari applikasi konverter menjadi lebih flexibel. Sistem Informasi Manajemen Konverter untuk File Manajemen Kas Perbankan merupakan sebuah solusi cerdas dimana dengan applikasi tersebut dapat memenuhi perkembangan dan tren nasabah pengguna layanan cash management, sehingga dengan adanya konverter ini diharapkan dapat memberikan solusi yang digunakan untuk semua jenis format file dari nasabah yang mempunyai format yang berbeda dari format yang dibutuhkan oleh perusahaan perbankan.


Full Text:

PDF

References


Undang – undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang - undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi.Yogyakarta;Andi Offset.

Ishikawa, Kaoru, Guide to Quality Control (Japanese): Gemba No QC Shuho (1968) by JUSE Press, Ltd., Tokyo

http://yaniwid.wordpress.com/2008/10/16/kebutuhan-fungsionalvs- non-fungsional/ diakses tanggal 28 Desember 2012

Kusrini dan Andi Koniyo. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.