EVALUASI PENGELOLAAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI STUDI KASUS BIRO HUKUM DAN HUMAS MAHKAMAH AGUNG RI

Leni Novianda A. Novianda A., Sasongko Pramono Hadi, Eko Nugroho

Abstract


Pengelolaan investasi teknologi informasi adalah salah satu pilar penting dalam tata kelola TI. Besarnya nominal investasi yang dikeluarkan harus dibarengi dengan tata kelola yang baik.. Evaluasi pengelolaan investasi TI perlu dilakukan untuk mengukur tingkat keselarasan antara TI dengan bisnis, pengembangan TI ke depan, serta menghindari kegagalan proyek. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pengelolaan investasi teknologi informasi pada Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI. Proses pengelolaan dipilih berdasarkan kerangka kerja COBIT 5. Sedangkan metode yang digunakan dalam proses pengukuran kapabilitas berdasarkan standar ISO 15504. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kapabilitas proses yang dijalankan berkisar pada level 1, 2, dan 3. Artinya, tingkat pengelolaan investasi TI masih rendah dan masih perlu ditingkatkan.


Full Text:

PDF

References


Arief A. Gaffar, David Bobby, and Ismail Fahmi, Tinjauan Kritis Menilik Sistem Informasi Mahkamah Agung dan Jajaran Pengadilan di Bawahnya. Jakarta, Indonesia: The Indonesia- Netherlands National Legal Reform Program (NLRP) bekerjasama dengan Intersystem Consulting, 2010.

IT Governance Institute, Enterprose Value : Governnace of IT Investment, The Val IT Framework. Rolling Meadows, IL, USA: IT Governance Institute, 2006.

Dwiani Ramadhanty, "Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Menggunakan COBIT Framework 4.1. (Studi Kasus Pada PT. Indonesia Power)," Universitas Indonesoa, Jakarta, Thesis 2010.

Puti Adella Elvina, "Evaluasi Layanan Teknologi Informasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Berdasarkan ITIL V3 dan COBIT 5," Universitas Indonesia, Jakarta, 2013.

Galih Septanto, "Penggunaan Kerangka Kerja Val IT Untuk Mengukur Perencanaan Investasi Teknologi Informasi, Studi Kasus PT. SCTV," Binus, 2011, 2011.

Aditya Irfansyah, "Penilaian Tingkat Kapabilitas Teknologi Informasi di Perusahaan Jasa MICE dengan Pendekatan ISO 15504 – Process Assessment (Studi Kasus: PT XYZ)," Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung bidang Teknik Elektro dan Informatika, vol. 2, no. 1, April 2013.

ISACA, COBIT 5 : Enabling Proses. Rolling Meadows, IL, USA: ISACA, 2012.

ISACA, Process Assessment Model (PAM) : Using COBIT 5. Rolling Meadows, IL, USA: ISACA, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.