IMPLEMENTASI FUZZY C-MEANS DALAM MENGANALISA KEMISKINAN DESA

Harliana Harliana

Abstract


Sampai saat ini jumlah penduduk miskin di kabupaten cirebon, khususnya di kecamatan gebang, kapetakan dan weru masih cenderung tinggi. Saat ini penduduk miskin di tiga kecamatan tersebut hampir mencapai 15.500 KK atau sekitar 87,84% dari total keseluruhan. Untuk mempermudah dalam proses evaluasi penyebab kemiskinan suatu desa, maka penentuan kemiskinan suatu desa dapat dilakukan secara berkelompok (clustering) dengan mencari tingkat kemiripan dan ketidakmiripan antar desa pada suatu cluster. Metode FCM dipilih karena setiap desa dimungkinkan untuk menjadi anggota dari masing-masing cluster dengan derajat keanggotaan yang berbeda antara 0 dan 1. Parameter yang digunakan untuk perhitungan clustering ini adalah: jumlah cluster 4, pembobot kefuzzyan 2, dan maksimum iterasi 100. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan data 30 desa, didapakan desa-desa tersebut hanya mengelompok pada cluster 1, cluster 3 dan cluster 4.


Full Text:

PDF

References


Anonim, 2010, Sinkronisasi dan evaluasi pembangunan ketahanan pangan kabupaten Cirebon, Bimas BKP5K. Kabupaten Cirebon.

BPS Kabupaten Cirebon, 2010, Kabupaten Cirebon Dalam Angka tahun 2010, BPS Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cirebon.

Jaenudin,A., Suherman,A., Dukat., Ilmi,B., Muhaemin, 2008, Kawasan Rawan Pangan Kabupaten Cirebon Di Tiga Kecamatan, Studi Kawan Rawan Pangan Kecamatan Kapetakan, Panguragan, dan Gegesik Kabupaten Cirebon, Kawasan Rawan Pangan Kabupaten Cirebon Di Tiga Kecamatan, Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA), Kabupaten Cirebon.

Klir,G.J., and Yuan, B., 1995, Fuzzy Sets and Fuzzzy Logic Theory and Applications, Prentice Hall International Inc, London.

Klawonn, F., dan Hoppner, F., 2001, What is Fuzzy About Fuzzy Clustering? Understanding and Improving the Concept of the Fuzzifier, http://public.rz.fh-wolfenbuettel.de/klawon

Kim, S.Y., Lee, J.W., dan Bae, J.S., 2006, Effect of data normalization on fuzzy clustering of DNA microarray data, BMC Bioinformatics, Korea.

Webb,P., Rogers,B., 2003, Addressing the In in food insecurity, Addressing the In in food insecurity, USAID office of food for peace, United States.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.