TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) PADA PROSES SELEKSI MAHASISWA BARU JALUR JP2AB

Hartatik Hartatik

Abstract


Setiap tahun ajaran baru STMIK AMIKOM Yogyakarta menerima mahasiswa baru per periode gelombang yang dimulai dari Bulan Februari - September. Mereka diterima menjadi mahasiswa baru melalui proses seleksi berbagai jalur, seperti seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan ujian tertulis dan pemilihan penerimaan mahasiswa baru berprestasi. Seleksi penerimaan mahasiswa baru berprestasi atau yang disebut juga dengan JP2AB (Jalur Penelusuran Prestasi Akademik dan Bakat) adalah ujian masuk yang diselenggarakan untuk menyaring calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan bakat (seni, olahraga dan IPTEK). Tes yang diikuti oleh calon mahasiswa lewat jalur PJ2AB adalah tes wawancara yang bertujuan untuk menilai kepribadian dan nilai akademik mahasiswa yang bersangkutan. Permasalahan pengambilan keputusan merupakan proses pencarian opsi terbaik dari seluruh alternatif yang ada. Pada proses seleksi penerimaan mahasiswa baru, diperlukan suatu metode yang dapat membantu penyeleksian mahasiswa baru jalur PJ2AB secara objektif berdasarkan kuota yang disediakan. Untuk mencapai tujuan ini, metode Multi-Criteria Decision Making (MCDM) bisa digunakan untuk menyeleksi dan memilih calon mahasiswa yang potensial secara objektif. Proses seleksi ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS. Konsep dasar dari metode TOPSIS adalah bahwa alternatif yang dipilih harus memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, dan juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif. Parameter yang digunakan dalam proses seleksi ada 11, yaitu : tahun kelulusan, usia, potensi akademik, prestasi, keterampilan, sikap dan penampilan, pengetahuan tentang komputer,akreditasi sekolah, interest/minat, motivasi dan value. adapaun alternatif yang akan dilakukan perangkingan adalah calon mahasiswa baru yang memiliki nilai UN lebih dari 7,5.


Full Text:

PDF

References


shrafzadeh, Maysam., dkk., 2012, Application of Fuzzy TOPSIS Method for The Selection of Warehouse Location : A Case Study, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business.

Shahanaghi, Kamran., Yazdian, Seyed Ahmad., 2008, Vendor Selection using a New Fuzzy Group TOPSIS Approach, Journal of Uncertain Systems.

Khosravi, jamal dkk., 2011, Application of Multiple Criteria Decision Making System Compensatory (TOPSIS) in Selecting of Rice Milling System, World Applied Sciences journal.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko A., Wardoyo R., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Triantaphyllou, E., B. Shu., S. Nieto Sanchez., and T. Ray., 1998, Multi-Criteria Decision Making: An Operations Research Approach, Encyclopedia of Electrical and Electronics Engineering, (J.G. Webster, Ed.), John Wiley & Sons, New York, NY, Vol. 15, pp. 175-186.

Mahmud Amir, 2008, Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan, Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 3 No.1 Februari 2008.

Whitten L, Jeffery., Bentley D, Lonnie, 1997, System Analysis and Design Methods, Irwin Professional Publishing 4th edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.