PERANCANGAN ALAT RIGGING KARAKTER OTOMATIS PADA AUTODESK MAYA STUDI KASUS : PT MATARAM SURYA VISI (MSV)

Aryanto Yuniawan, Roy Roy, Stevi Ema Wijayanti

Abstract


Rigging karakter merupakan salah satu proses yang sangat penting pada pembuatan film animasi 3D. Rigging difungsikan untuk menciptakan struktur hirarki dari sebuah karakter yang disebut dengan kerangka. Kerangka tersebut digunakan sebagai kerangka kerja (framework) yang dapat memberikan nyawa terhadap sebuah karakter agar dapat berperilaku seperti karakter yang ada di dunia nyata. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan rigging pada sebuah karakter cukup lama dan rentan akan kesalahan jika dilakukan secara manual. Untuk itu diperlukan sebuah alat dimana alat tersebut menyediakan template kerangka karakter. Dengan adanya alat-alat tambahan tersebut dapat memudahkan pekerjaan animator sehingga dapat mempercepat waktu produksi film dan dapat menekan biaya pembuatan film.


Full Text:

PDF

References


Maraffi, C., Maya Character Creation Modeling and Anination Controls, Indianapolis: New Riders Publishing, 2004.

Derakhshani, D., Introducing Maya 8 : 3D for Beginners, Indianapolis: Wiley Publishing, Inc., 2006.

Lesson 1 : Skeletons and Kinematics. (2013, November 2). Diambil kembali dari Autodesk Maya Documents 2010: http://download.autodesk.com/us/maya/2010help/index.html?url= Skeletons_and_kinematics_Creating_joints.htm,topicNumber=d0 e20588.

Maestri, G., & Larkins, M., "MAYA 8 AT A GLANCE", Indianapolis: Wiley Publishing, Inc., 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.