REGISTRASI 3D MENGGUNAKAN SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM (SIFT)

Farrady A.F., Djoko P., Rudy D.

Abstract


 Penyelarasan gambar 2D yang telah dipelajari pada bagian lain computer vision, dengan mendeteksi ciri hingga diperoleh matrik homography yang menghubungkan kedua gambar tersebut. SIFT diusulkan dalam penelitian ini karena memiliki kestabilan dalam berbagai situasi. KNN dan RANSAC digunakan untuk menemukan pasangan yang tepat. Meskipun matrik yang dihasilkan dari tersebut tidak mempengaruhi komponen kedalaman (Z) pada gambar 3D, matrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan matrik transformasi 3D berdasarkan titik-titik yang berkorespondensi pada kedua gambar dengan melibatkan komponen kedalaman. Sehingga dapat diperoleh sebuah gambar 3D yang merupakan hasil registrasi dari dua buah gambar 3D berdasarkan matrik transformasi 3D tersebut.


Full Text:

PDF

References


J. Luo and G. Oubong. “A Comparation of SIFT, PCA-SIFT, and SURF”. International Journal of Image Processing (IJIP) Volume:3, Issue:4. pp.143—152. 2009

Kus, M.C.; Gokmen, M.; Etaner-Uyar, S. ”Traffic sign recognition using Scale Invariant Feature Transform and color classification”. ISCIS '08. pp: 1-6, Oct. 2008.

Yang zhan-long and Guo bao-long. “Image Mosaic Based On SIFT”, International Conference on Intelligent Information Hiding and Multimedia Signal Processing, pp:1422-1425,2008.

D.Lowe. ”Distinctive Image Features from Scale-Invariant Keypoints”, IJCV, 60(2):91–110, 2004.

Q.Wei, et al. “Converting 2D to 3D: A Survey”. Research Assignment. ITC-University of Technology, Netherlands. 2005.

V.Kolmogorov and R.Zabih, “Multi-camera scene reconstruction via graph cuts,” in ECCV '02: Proceedings of the 7th European Conference on Computer Vision-Part III. London, UK: Springer- Verlag, pp. 82–96. 2002

N. Campbell, G. Vogiatzis, C. Hernandez, and R. Cipolla, “Automatic 3d object segmentation in multiple views using volumetric graph-cuts,” Image and Vision Computing, vol. 28, no. 1, pp. 14–25, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.