PENENTUAN KRITERIA KOMPETENSI GURU BERDASARKAN NILAI AKHIR SISWA MENGGUNAKAN METODE FUZZY MAMDANI

Wasiatul Hidayaty, Adhistya Erna Permanasari, Indriana Hidayah

Abstract


Penentuan prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling menunjang adalah kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Dalam penelitian ini, akan diterapkan metode fuzzy mamdani untuk menentukan kriteria kompetensi guru berdasarkan nilai akhir siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Sumbawa Besar, meliputi 30 sample nilai siswa yang diambil secara random dari enam kelas. Berdasarkan data nilai akhir siswa yang diolah, diperoleh pengelompokkan kriteria kompetensi guru dengan prosentase 13,3 % untuk kategori kompetensi guru baik, 50 % untuk kategori kurang baik, 20 % untuk kategori tidak baik dan 16,67 % untuk kategori yang sangat tidak baik. Penelitian ini akan dilanjutkan dengan menambah beberapa sampel data nilai siswa dan hasil kuisioner mereka, sehingga diharapkan dengan implementasi metode fuzzy dapat meningkatkan prosentase pengelompokkan kriteria kompetensi guru.

Full Text:

PDF

References


Mulyana. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Remaja Rosda Karya:Bandung.Hal.30.

Arikunto,S.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara:Jakarta.Hal.3

A. Putra and D. Yunika Hardiyanti, “PENENTUAN PENERIMA BEASISWA DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY MADM,” Semin. Nas. Inform. 2011, Jul. 2011.

G. Hu, W. Li, and Y. Li, “Evaluation of Teacher’s Performance in Independent Colleges Based on AHP and Multi-Level Matter Element Extension Measurement Models,” in 2010 International Conference on Computational Intelligence and Software Engineering (CiSE), 2010, pp. 1–4.

W. Dobie, “Teacher Characteristics and Student Achievement:Evidence from Teach For America - Google Cendekia,” 2011.

[Online]. Available: http://scholar.google.com/scholar?q=Teacher+Characteristics+and+Student+Achievement%3A+Evidence+from+Teach+For+America&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5. [Accessed: 29-May-2013].

Kurniawan,J. 2012.Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Guru Berdasarkan Kompetensi(kasus di SMK 45 Kota Bima). Tesis Tidak Terpublikasi.Yogyakarta:Universitas Gadjah Mada.

F. Matondang, R. Kusumawati, and Z. Abidin, “FUZZY LOGIC METODE MAMDANI UNTUK MEMBANTU DIAGNOSA DINI AUTISM SPECTRUM DISORDER,” 2011, vol. 4, no. 3.

K. Sri, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Jogjakarta: Graha Ilmu, Jogjakarta, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.