PEMANFAATAN SENTENCE-SIMILARITY MEASUREMENT UNTUK PROSES PENCARIAN POLA PADA CHATBOT BERBASIS PATTERN-MATCHING

Ayu Mutiara Oktavia Dewi, Bayu Setiaji

Abstract


Chatbot adalah salah satu aplikasi dalam bidang Pemrosesan Bahasa Alami atau Natural Language Processing (NLP) yang dapat melakukan percakapan dengan manusia. Chatbot memungkinkan interaksi antara manusia dan komputer dapat dilakukan dengan bahasa alami melalui media tulisan atau suara. Salah satu cara yang digunakan dalam pemrosesan tulisan dalam chatbot adalah dengan pencocokan pola (patternmatching). Pola – pola yang mungkin ditemukan selama proses percakapan tersimpan sebagai pengetahuan dalam bentuk plain text atau basis data.
Kemampuan interaksi chatbot berbasis pattern-matching adalah pada jumlah pola yang tersimpan dalam pengetahuan. Semakin banyak pola yang tersimpan akan membuat chatbot terlihat semakin pintar. Namun, jumlah pola yang banyak tersebut dapat mengakibatkan proses pencocokan menjadi semakin lama. Sentence similarity measurement (SSM) adalah salah metode untuk menghitung tingkat kemiripan suatu kalimat.

Pemanfaatan SSM dalam proses pencarian memungkinkan pengurangan penyimpanan jumlah pola karena satu pola dapat mewakili beberapa input dengan arti yang hampir sama. Hasil penelitian berupa stored  program dalam basis data yang mengimplementasikan sentence similarity measurement. Proses pengujian menggunakan perintah Structured Query Language (SQL) untuk menjalankan stored program tersebut.


Full Text:

PDF

References


N.Bush, “Artificial Intelligence Markup Language (AIML) Version 1.0. 1”, A.L.I.C.E AI Foundation Working Draft, June 25 2001, (rev 006).

E.Utami, S.Hartati, “Aplikasi BotQA Untuk Meningkatkan Cara Interaksi Manusia dan Mesin”, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007), Juni 16, 2007, Yogyakarta.

B.Setiaji, “Membangun Chatbot Berbasis AIML dengan Arsitektur Pengetahuan Modular”, Semnasteknomedia 2013, pp. 18-15, Januari 19, 2013.

http://en.wikipedia.org/wiki/Pattern_matching, diakses pada November 28, 2013, 18.58

P.Achananuparp, X.Hu, X.Shen, "The Evaluation of Sentence Similarity Measures", Lecture Notes in Computer Science Volume 5182, pp.306, 2008.

http://www.nairaland.com/1150055/simple-very-useful-wordsentence, diakses pada November 25, 14.23


Refbacks

  • There are currently no refbacks.