Aplikasi Fuzzy Metode Mamdani untuk Rekomendasi Pemilihan Minat Grup Riset Mahasiswa

Astrie Kusuma Dewi, Adhistya Erna Permanasari, Indriana Hidayah

Abstract


Pemilihan minat Grup Riset yang tepat memungkinkan bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuan dirinya menjadi lebih baik lagi dengan mempelajari secara mendalam mata kuliah tertentu atau bidang pembelajaran tertentu sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Penerapan metode mamdani digunakan untuk mengetahui minat mahasiswa, sehingga diharapkan mereka dapat bergabung ke dalam grup riset yang tepat sesuai dengan minat yang dimiliki. Untuk menentukan minat tersebut, maka digunakan dua variable input yaitu nilai IPK dan hasil kuisioner mahasiswa. Sedangkan outputnya yaitu grup riset yang menjadi minat mahasiswa.. Akurasi kinerja hasil perhitungan penentuan minat mahasiswa dengan metode Mamdani mencapai hasil yang cukup baik yaitu 90.91%.

Full Text:

PDF

References


G. Atik and İ. Yalçın, “Counseling needs of educational sciences students at the Ankara University,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 1520–1526, 2010.

“Definisi Pengertian minat Menurut Para Ahli, Faktor, Proses, Fungsi, dan Jenis-Jenis Minat,” Definisi Pengertian minat Menurut Para Ahli, Faktor, Proses, Fungsi, dan Jenis-Jenis Minat ~ DUNIA DALAM LAYAR MAYA. .

K. Sri, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Jogjakarta: Graha Ilmu, Jogjakarta, 2003.

Samuel lukas, Meiliayana, and W. Simson, “PENERAPAN LOGIKA FUZZY DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK JALUR PEMINATAN MAHASISWA,” in Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, Bali, 1990, p. 237.

D. Much, E. Setiawan, and F. whedi andista, “Penentuan Jumlah Produksi Dengan Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 4, no. 2, p. Desember 2005, 95 104AD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.