Magister Teknik Informatika Universitas AMIKOM Yogyakarta

Alfin Siddik Amrullah Buton, Ema Utami

Abstract


Mengantri merupakan sebuah kegiatan yang membosankan dan dapat menghabiskan banyak waktu bagi sebagian orang, apalagi jika itu merupakan antrian pada klinik kesehatan. Pengantri yang pada umumnya adalah calon pasien (orang yang sedang sakit), harus menjalani proses antrian yang begitu lama sebelum bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk memudahkan proses pengantrian di klinik kesehatan dan menyelesaikan masalah pada sistem antrian konvensional, Penulis merancang sebuah Sistem Antrian Online pada klinik kesehatan dengan menggunakan motode pengembangan sistem Waterfall. Hasil keluaran dari sistem antrian ini terbagi atas tiga komponen; yaitu “Website Admin Klinik” yang berfungsi sebagai Interface bagi pihak klinik untuk memposting segala informasi klinik, “Aplikasi Android Pasien” yang berfungsi sebagai Interface bagi pasien untuk melihat nomor antrian yang sedang berjalan, membooking nomor antrian secara online, mendapatkan notifikasi berupa Pop Up notification dan Maps untuk real time direction ke lokasi klinik, dan “Web Server” yang berfungsi mengintegrasikan data dari Website Admin Klinik ke Aplikasi Android Pasien.

Kata kunci: Klinik Kesehatan, Antrian Online, Waterfall, Pop Up Notification, Maps.


Full Text:

PDF

References


Setiawan, AW. “Peran Pegawai Dalam Pelayanan pembuatan

Paspor di Kantor Imigrasi Samarinda”. Jurnal Ilmu Pemerintahan

Universitas Mulawarman. Vol. 4(1), 2016. [2] Bustami, “Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan

Akseptabilitasnya”. Jakarta : Erlangga, 2011

Dimas Dwi Prayogo, Jessy J Pondaag, & Ferdinand Tumewu, Analisis Sistem Antrian Dan Optimalisai Pelayanan Teller Pada

Pt. Bank Sulutgo, Jurnal EMBA Vol.5 No.2, Juni 2017

Bay Haqi & Jonser Sinaga, System Antrian Pelayanan Pasien

Pada Klinik Al Fauzan Dengan Java Netbean Dan Database

Mysql, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia

(Semnasteknomedia) Vol.1.2 No.97, Juni 2017

A.Taha, Hamdy. ‘Riset Operasi’. Edisi kelima Jilid 2. Jakarta : Binarupa Aksara, 1997

E. J. Ferianto, N. Insani, & R. Subekti, “Optimasi Pelayanan

Antrian ... (Erin Juni Ferianto),” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol.

, pp. 1–10, 2016. [7] Arif, Winandar “Penerapan Notifikasi Android Untuk Membantu

Penyebaran Informasi Dan Komunikasi Sivitas Universitas Darma

Persada”. Thesis, Universitas Darma Persada, 2015. [8] Sukma Bahrul Aziz, Tengku A. Riza, dan Rohmat Tulloh, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Sistem Antrian Untuk

Pasien Pada Dokter Umum Berbasis Android Dan Sms Gateway”, Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, Juli, 2015.

Desy Lukitasari dan Ahmad Fali Oklilas, “Analisis Perbandingan

Load Balancing Web Server Tunggal Dengan Web server Cluster

Menggunakan Linux Virtual Server”, JURNAL GENERIC Vol.5

No.2, Juli, 2010. [10] Abdi Samuel dan Danny Manongga, “Sistem Antrian Online PT.

Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Parigi”, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Vol. 3 No. 2, Agustus, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.