RANCANG BANGUN GAME SOS DENGAN AUGMENTED REALITY DAN VIRTUAL REALITY
Abstract
Augmented reality merupakan teknologi yang berkembang di dunia yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dipadukan dengan pendengaran dan pengelihatan stereotip yang menghasilkan efek pengguna seakan sedang berada dalam lingkungan virtual. Dalam dunia game, augmented reality dan virtual reality mulai banyak digunakan untuk membuat game yang lebih interaktif. Game sos adalah permainan papan tradisional yang dimainkan 2 orang. Tujuan dari permainan ini adalah membentuk kata sos sebanyak banyaknya. Game ini akan berakhir apabila sudah tidak ada ruang yang tersisa. Game ini menggunakan marker papan sos sebagai media untuk memunculkan game. Pengguna dapat memilih untuk melawan pemain lain atau melawan komputer. Dengan menggunakan augmented reality dipadukan dengan virtual reality diharapkan game sos dapat lebih menyenangkan.
Kata kunci: SOS, Augmented Reality, Virtual Reality, Game.
Full Text:
PDFReferences
V. Bolón-Canedo, N. Sánchez-Maroño, and a. Alonso- Betanzos, “Recent advances and emerging challenges of feature
selection in the context of big data,” Knowledge-Based Syst., vol. 86, pp. 33–45, 2015.
R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” in
Teleoperators and Virtual Environments 6, 1997, vol. 6, no.
August, pp. 355–385.
S. Mandal, “Brief Introduction of Virtual Reality & its
Challenges,” Int. J. Sci. Eng. Res., vol. 4, no. 4, pp. 304–309,
D. Lee, K. Baek, J. Lee, and H. Lim, “A development of virtual
reality game utilizing Kinect, Oculus Rift and smartphone,” Int.
J. Appl. Eng. Res., vol. 11, no. 2, pp. 829–833, 2016.
E. Molla and V. Lepetit, “Augmented reality for board games,”
th IEEE Int. Symp. Mix. Augment. Real. 2010 Sci. Technol.
ISMAR 2010 - Proc., pp. 253–254, 2010.
B. Schmitz, R. Klemke, and M. Specht, “An Analysis of the
Educational Potential of Augmented Reality Games for
Learning,” Proc. 11th Int. Conf. Mob. Context. Learn. 2012, pp.
–147, 2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.