PERANCANGAN PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
Abstract
Apilkasi Pengenalan kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu menggunakan Teknologi Augmented Reality di bangun untuk mempermudah seseorang yang ingin mengetahui bentuk gedung Universitas Muhammadiyah Bengkulu tanpa harus ke alamat Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu terutama para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dan berminat melanjutkan studi ke Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Android Development Tools untuk pengembangan algoritma- algoritma, Blender 3D sebagai pembuat 3D objek, Adobe Photoshop sebagai editor desain user interface, dan Unity 3D sebagai editor script. Aplikasi ini diharapkan mampu menarik minat para calon mahasiswa baru dimanapun berada. Aplikasi ini akan di sinkronkan dengan brosur promosi Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai bahan promosi Kampus yang akan tersebar setiap menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru.
Kata kunci:Aplikasi Pengenalan, Augmented Reality, kampus, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Android.
References
Riana Indriani, B. S. (2016). PEMBUATAN AUGMENTED
REALITY TENTANG PENGENALAN HEWAN UNTUK
ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN
METODE IMAGE TRACKING VUFORIA. Seminar Nasional
Teknologi Informasi dan Multimedia . [2] Hasan Abdurahman, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran
Secara Kredit Pada Bank Yudha Bakti. Jurnal Computech &
Bisnis . [3] Widyatiningtyas, R. (2002). PEMBENTUKAN PENGETAHUAN
SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT DALAM
PANDANGAN PENDIDIKAN IPA. Pengetahuan Sains,
Tekonologi, dan Masyarakat (Reviandari) . [4] Pamoedji, A. &. (2016). Mudah Membuat Game Augmented
Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta:
PT Elex Media Komputindo.
Safaat, N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan
Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.
Muhammad Imam Ghazali, F. S. (2015). Pengembangan Peta
Interaktif Tiga Dimensi Gedung Rektorat Institut Teknologi
Sepuluh Nopember Menggunakan Unity 3D Engine. JURNAL
TEKNIK ITS . [7] Riana Indriani, B. S. (2016). PEMBUATAN AUGMENTED
REALITY TENTANG PENGENALAN HEWAN UNTUK
ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN
METODE IMAGE TRACKING VUFORIA. Seminar Nasional
Teknologi Informasi dan Multimedia . [8] Kresno Murti Mulyono, H. A. (2012). PEMBUATAN GAME
LABIRIN DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER 3D. JURNAL DASI . [9] Prihantari, Y. A. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE
PHOTOSHOP CS3 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS
KANISIUS BHARATA KARANGANYAR. Seminar Riset
Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA
Refbacks
- There are currently no refbacks.