PERANCANGAN PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Miri Ardiansyah, Agusdi Syafrizal, Zoni Harsono

Abstract


Apilkasi Pengenalan kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu menggunakan Teknologi Augmented Reality di bangun untuk mempermudah seseorang yang ingin mengetahui bentuk gedung Universitas Muhammadiyah Bengkulu tanpa harus ke alamat Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu terutama para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi dan berminat melanjutkan studi ke Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Android Development Tools untuk pengembangan algoritma- algoritma, Blender 3D sebagai pembuat 3D objek, Adobe Photoshop sebagai editor desain user interface, dan Unity 3D sebagai editor script. Aplikasi ini diharapkan mampu menarik minat para calon mahasiswa baru dimanapun berada. Aplikasi ini akan di sinkronkan dengan brosur promosi Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebagai bahan promosi Kampus yang akan tersebar setiap menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru.

Kata kunci:Aplikasi Pengenalan, Augmented Reality, kampus, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Android.


References


Riana Indriani, B. S. (2016). PEMBUATAN AUGMENTED

REALITY TENTANG PENGENALAN HEWAN UNTUK

ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN

METODE IMAGE TRACKING VUFORIA. Seminar Nasional

Teknologi Informasi dan Multimedia . [2] Hasan Abdurahman, A. R. (2014). Aplikasi Pinjaman Pembayaran

Secara Kredit Pada Bank Yudha Bakti. Jurnal Computech &

Bisnis . [3] Widyatiningtyas, R. (2002). PEMBENTUKAN PENGETAHUAN

SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT DALAM

PANDANGAN PENDIDIKAN IPA. Pengetahuan Sains,

Tekonologi, dan Masyarakat (Reviandari) . [4] Pamoedji, A. &. (2016). Mudah Membuat Game Augmented

Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta:

PT Elex Media Komputindo.

Safaat, N. (2011). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan

Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.

Muhammad Imam Ghazali, F. S. (2015). Pengembangan Peta

Interaktif Tiga Dimensi Gedung Rektorat Institut Teknologi

Sepuluh Nopember Menggunakan Unity 3D Engine. JURNAL

TEKNIK ITS . [7] Riana Indriani, B. S. (2016). PEMBUATAN AUGMENTED

REALITY TENTANG PENGENALAN HEWAN UNTUK

ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN

METODE IMAGE TRACKING VUFORIA. Seminar Nasional

Teknologi Informasi dan Multimedia . [8] Kresno Murti Mulyono, H. A. (2012). PEMBUATAN GAME

LABIRIN DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER 3D. JURNAL DASI . [9] Prihantari, Y. A. (2013). MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE

PHOTOSHOP CS3 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS

KANISIUS BHARATA KARANGANYAR. Seminar Riset

Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.