APLIKASI MONITORING JUMLAH BIBIT TANAMAN MENGGUNAKAN ANALISA BALANCE SCORE CARD PADA UPTD TPA RAWA KUCING KOTA TANGERANG

Oleh Soleh, Futri Yunita Aulia, Anis Khoirotun Nisa

Abstract


Di era globalisasi dan teknologi saat ini banyak sekali hal-hal baru yang diciptakan oleh manusia untuk membantu orang lain dalam mempermudah pekerjaan serta meningkatkan kualitas kinerja pegawai dan pelayanan. Untuk meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan pada suatu instansi pemerintahan salah satu faktornya adalah penerapan sistem informasi yang direncanakan, dilaksanakan dan dikendalikan dengan sebaik-baiknya. Contohnya dalam bidang pengolahan data, pemasukan data jumlah bibit tanaman ke dalam gudang saat ini masih menggunakan cara manual, begitupun dengan pelaporan kepada atasan. Yaitu dengan cara mengisi formulir stok bibit tanaman untuk kemudian dilaporkan kepada Kepala UPTD TPA Rawa Kucing. Hal tersebut dinilai bisa memberikan ruang adanya kehilangan lembaran formulir berisi data jumlah tanaman yang diakibatkan oleh bencana alam atau karena kecerobohan manusia (Human Error). Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis yang dapat digambarkan dalam bentuk jenis diagram dengan menggunakan software atau metode UML (Unified Modelling Language). Hasil akhir penelitian ini adalah berupa analisa yang dapat dijadikan gambaran atau acuan dalam pengembangan sistem informasi monitoring jumlah bibit tanaman pada UPTD TPA Rawa Kucing. Diharapkan penelitian ini dapat menjadikan salah satu kegiatan yang kiranya dapat memberikan manfaat yang positif bagi sistem oleh peneliti, tentunya dengan memberikan hasil dari penelitian yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Romney, Marshall B., dan Paul John Steinbart. 2015. Accounting Information Systems, 13th Ed. England: Pearson Educational Limited.

Gellinas, Ulrich & Dull, B. Richard. 2012. Accounting Information Systems, 9th ed. USA: South Western Cengage Learning.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi.Yogyakarta: ANDI.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi.Yogyakarta: ANDI.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi.Yogyakarta: ANDI.

Mardiani, Gentisya Tri. 2013. Sistem Monitoring Data Aset Dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web. Bandung: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (Vol.2, No.1, Maret 2013).

Ohara, G.J.2005. Aplikasi Sistem Monitoring Berbasis Web Untuk Open Chuster. Laporan Proyek Akhir.

Wirawan, B. dan Wahyuni, S.,2002.Memproduksi Benih Bersertifikat.Jakarta: P.S.

Sunaryono, H., dan Rismunandar.1984. Kunci Bercocok Tanam Sayur-Sayuran Penting di Indonesia. Bandung: CV. Sinar Baru.

Bambang Subali dkk. 2006. Prinsip-Prinsip Monitoring dan Evaluasi Program Lesson Stady,Makalah Pelatihan Lesson Stady Bagi Guru-Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP Se-Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.