PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMAN ASET DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI JAWA BARAT

Maulana Trisna Senjaya, Wina Witanti, Fajri Rakhmat Umbara

Abstract


Pengelolaan aset di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena aset Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat kebanyakan berasal dari pemerintahan atau aset milik negara, sehingga data aset tersebut harus selalu dijaga. Agar dapat memberikan informasi yang jelas dan memudahkan dalam melakukan perawatan, pengelolaan data aset memiliki banyak permasalahan seperti data pendistribusian aset kepada karyawan tidak terpantau karena data aset belum terorganisasi dengan data karyawan, sehingga apabila karyawan tersebut tidak menggunakan kembali aset tersebut, informasi menjadi tidak jelas, kemungkinan adanya duplikasi data, serta menimbulkan ketidaksesuaian data dengan bukti fisik perangkat di lapangan. Proses untuk menjamin agar data dapat terjaga keakuratan dan kejelasan informasinya sehingga proses pelaporan dapat berjalan dengan baik adalah dengan adanya monitoring terhadap data tersebut. Proses monitoring dilakukan dengan cara memeriksa data berdasarkan detil status aset, data pendistribusian perangkat berdasarkan lokasi aset dan dari proses monitoring akan menghasilkan laporan dan menjadi rekapitulasi data di setiap bulan atau tahun.


Full Text:

PDF

References


D. C. W. Zulfiandri, "Rancang Bangun Sistem Informasi," Jurnal Simantec, vol. 5, no. 1, pp. 50-58, 2015.

S. J. T. Veronika Mulalinda, "Efektivitas Penerapan Sistem dan Prosedur Akuntansi Aset Tetap Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sitaro," Jurnal EMBA, vol. 2, no. 1, pp. 521-531, 2014.

E. M. Slamet Siswanto, "Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Universitas Muria Kudus," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 60-69, 2013.

I. B. R. Roro Siswati, "Sistem Informasi Manajemen Aaset dan Penyajian Aset Tetap Dalam Laporan Keuangan," Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, vol. 4, no. 6, pp. 3-18, 2015.

T. Oktavia, "Implementasi Sistem Asset Manajemen," ULTIMA InfoSys, vol. v, no. 02, pp. 99-105, 2014.

F. Nugraha, "Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Perguruan Tinggi Dengan Metode Simple Addittve Weighting (SAW)," Jurnal SIMETRIS, vol. 3, no. 1, pp. 7-16, 2013.

V. I. S. P. Monika Sutri Kolinug, "Analisis Pengelolaan Aset Tetap Pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tomohon," Jurnal EMBA , vol. 3, no. 3, pp. 818-830, 2015.

G. T. Mardiani, "Sistem Monitoring Data Aset dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web," Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 2, no. 1, pp. 35-40, 2013.

J. D. Irma Yunita, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Pada SMK NEGERI 4 Kota Jambi," Jurnal Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 278-294, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.