PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE BANK SAMPAH BERBASIS WEB

Irma Kurnia Juliany, Muhammad Salamuddin, Yuni Kristina Dewi

Abstract


Bank sampah merupakan sebuah tempat memilah dan mengumpulkan sampah daur ulang agar dapat diproses kembali dan memiliki nilai ekonomis. Sampah yang telah disetor oleh nasabah selanjutnya dijual kepada pengepul atau pengrajin yang berkepentingan. Namun dalam praktiknya, proses jual-beli antara bank sampah dan pengepul terkendala oleh update stok dan informasi real time mengenai sampah-sampah yang dibutuhkan oleh pihak pengepul, oleh sebab itu sebuah sistem yang dapat mengakomodasi setiap update stok dari bank sampah sangat dibutuhkan agar pengepul tidak perlu datang ke bank sampah untuk mencari sampah yang mereka butuhkan dan hanya perlu melihatnya dari situs website yang tersedia.

Berdasarkan hal tersebut, Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang ada saat ini.

Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web menggunakan Unified Modeling Language (UML) sebagai dasar permodelannya. Perangkat design yang digunakan yaitu HTML, CSS, dan PHP sedangkan MySQL sebagai databasenya. Setelah adanya Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web ini kedepannya bank sampah dan pengepul dapat bekerja sama dan membangun mitra secara lebih luas dan efisien.

Kata kunci: Bank Sampah, Sistem Informasi, Marketplace, Unified Modelling Language (UML), Unfied Approach (UA).


Full Text:

PDF

References


Pratama, I Putu Agus Eka. Sistem Informasi dan Implementasinya, Bandung: Penerbit Informatika, 2014.

Hadi, Diki Alfarabi. 2017. Ebook Belajar HTML & CSS Dasar. diakses dari www.malasngoding.com pada 27 Nopember 2017 pukul 23.18.

Solichin, Ahmad. Diakses dari http://ebook.achmatim.net/ pada 28 Nopember 2017 pukul 07.50.

Wikipedia. 2014. Online Marketplace. Diakses dari www.en.wikipedia.org pada 30 Nopember 2017 pukul 12.11.

Kadir, Abdul. Buku Pintar Programmer Pemula PHP, Yogyakarta: Mediakom, 2013.

Widodo, Prabowo Pudjo dan Herlawati. Menggunakan UML, Bandung: Informatika Bandung, 2011.

Kadir, Abdul. Dasar Pemrograman Web Dengan ASP. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.