SISTEM INFORMASI KETENAGAKERJAAN PADA KANTOR DISNAKER KOTA MAKASSAR BERBASIS WEB

Lilis Nur Hayati, Suarni Suarni

Abstract


Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) merupakan lembaga pemerintah yang bertujuan untuk mempertemukan pihak pencari kerja dan pencari tenaga kerja untuk memperoleh informasi ketenagakerjaan dengan cara melakukan manajemen database tanpa tergantung administrator pusat. Selanjutnya dari manajemen database itu sendiri pihak DISNAKER dapat melakukan pencetakan laporan secara otomatis.

Metode yang digunakan pada aplikasi ini yaitu dengan membangun sistem informasi ketenagakerjaan berbasis web. Website ini nantinya  akan membantu pihak DISNAKER untuk mengurangi angka pengangguran khususnya untuk Kota Makassar, serta mempermudah pihak DISNAKER dalam memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sehingga peran DISNAKER dapat dilihat oleh masyarakat.Berdasarkan 11 pertanyaan pada data sampel kuesioner dengan persentase keakuratan sebesar 89% berdasarkan testing pada website.


Full Text:

PDF

References


PP Republik Indonesia No.15 “ Tata Cara Memperoleh Informasi Ketenagakerjaan Dan PenyusunanSerta Pelaksanaan Perencanaan Tenaga Kerja “, pp. 1-2 , 2007.

Ramez Elmasri, “Database System “ Osborus McGraw Hill. California,, Vol. 7, p 219. 2000.

Abdul Kadir, “ Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data. Penerbit Andi.Yogyakarta,. p 105, 1999.

Abdul Kadir.. Pemrograman Web Mencakup HTML, CSS, Javascript, PHP. Andi. Yogyakarta , 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.