PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI “MENGENAL NAMA-NAMA BENDA”

Mei Parwanto Kurniawan

Abstract


Semakin majunya teknologi sekarang ini yang serba terkomputerisasi sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak, baik itu positif maupun negatif. Melihat dari sisi positifnya kita dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan membuat media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar anak. Karena salah satu metode lama seperti melihat gambar biasa saja tanpa animasi atau dengan alat peraga nyata yang kurang maksimal dan menarik untuk anak-anak usia dini.

Dengan meningkatkan kualitas mutu dan pendidikan anak usia dini, alangkah lebih baiknya jika metode lama tersebut ditambah dengan metode pembelajaran sekarang yang serba terkomputerisasi, mudah digunakan, lebih menarik untuk anak dan dapat diaplikasikan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian peneliti akan membuat “merancang dan membuat media pembelajaran untuk anak usia dini mengenal nama-nama benda.

­­Dalam penggunaan media pembelajaran tersebut diharapkan orangtua lebih mudah dalam mendidik anak dan anak lebih cepat memahaminya, sekaligus menambah minat belajar karena di dalam media pembelajaran ini terdapat game untuk mengetes daya ingat dan pemahaman anak seputar benda-benda disekitar serta desain menarik agar anak tetap semangat dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


Sutirman, M.Pd. Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

M. Suyanto. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : C.V. Andi Offset. 2003

Prabowo, Eko. Presentasi Multimedia Dengan DirectorMX. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.