PENGEMBANGAN ALAT PERAGA EDUKASI PROSES SIKLUS AIR (HIDROLOGI) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Ade Syahputra, Budi Arifitama

Abstract


Siklus air (hidrologi) adalah salah satu konsep dasar dalam biogeokimia yang menggambarkan proses perubahan wujud air, pergerakan aliran air, dan ragam jenis air yang mengikuti suatu siklus keseimbangan yang terjadi di lingkungan alam. Proses siklus hidrologi ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu: proses penguapan, proses evapotranspirasi, proses hujan, proses aliran air, proses pengendapan  air tanah, dan  proses air tanah ke  laut. Mengajarkan konsep teoritis hidrologi akan terasa sulit bagi guru sehingga seringkali tidak mendapatkan perhatian dari pelajar. Untuk meningkatkan minat dan pemahaman dari setiap proses yang terjadi dalam siklus hidrologi, sebuah alat peraga edukatif yang menggunakan teknologi augmented reality dikembangkan.  Augmented reality adalah teknologi di bidang multimedia yang memvisualisasikan objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi sebagai bagian dari lingkungan dunia nyata kepada pengguna. Visualisasi dari siklus hidrologi akan memberikan pengalaman interaktif secara langsung kepada pengguna. Studi literatur dan desain aplikasi digunakan pada penelitian ini. Hasil yang diharapkan dari alat peraga edukatif ini adalah memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan menumbuhkan minat eksplorasi ilmu pengetahuan khususnya mengenai fenomena siklus hidrologi.


Full Text:

PDF

References


J. Wither, Y. Tsai, R. Azuma, "Mobile Augmented Reality: Indirect augmented reality", Computers & Graph, vol. 35, no. 4, pp.810-822, 2011.

H. Haugstvedt, J. Krogstie, “Mobile Augmented Reality for Cultural Heritage: A Technology Acceptance Study”, IEEE International Symposium on Mixed and Augmented Reality, 2012.

J.R. Kodoatie, R. Syarif, Tata Ruang Air, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2010.

C. Dede, "Immersive Interfaces for Engagement and Learning", Science, pp.66-69, 2009.

B. Arifitama, “Pengembangan Alat Peraga Pengenalan Tata Surya Bima Sakti Menggunakan Augmented Reality di PAUD”, Jurnal Sisfo, vol. 5, no. 4, pp. 446-453, 2015.

L. Youngoo, C. Jongmyong, “Tideland Animal AR: Superimposing 3D Animal Models to User Defined Targets for Augmented Reality Game”, International journal of multimedia and ubiquitous engineering, vol. 9, no. 4, pp. 343-348, 2014.

J. Henderson, S. Feiner, "Evaluating the benefits of augmented reality for task localization in maintenance of an armored personnel carrier turret", Proc. Int. Symp. on Mixed and Augmented Reality, pp.135-144, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.