PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT (Studi Kasus: Kabupaten Ngawi)
Abstract
Pesatnya kemajuan teknologi informasi mendorong setiap instansi pemerintahan berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Layanan Pengaduan Masyarakat adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikut berperan dalam membangun dan pengawasan terhadap kinerja instansi pemerintahan. Dalam hal ini peneliti mengambil studi kasus di kabutpaten ngawi dimana masyarakat dikabupaten tersebut sulit untuk menyampaikan keluhan yang ada dilingkungannya kepada pihak pemerintah terkait. Dalam hal ini peneliti melakukan perancangan user interface aplikasi pengaduan masyarakat dengan mengklasifikasi hal-hal yang penting dari analisis data yang telah dilakukan dengan pendekatan studi kasus dan wawancara.
Setelah mengklasifikasikan data perancang mulai melakukan analisi terhadap rancangan user interface aplikasi yang berjalan pada platform android mobile. Melalui aplikasi pengaduan yang berbasis mobile masyarakat akan dengan mudah menyampaikan aspirasi mereka kepada SKPD terkaitFull Text:
PDFReferences
Anonim. SEJARAH NGAWI. Diakses pada 17 Desember 2016. http://www.ngawikab.go.id/
Ardiyanti, Nur Syifa, Jerry Dounald Raharjaan S.Sn., M.Sn., Yayat Sudaryat, S.Sn., M.Sn.. 2015. Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Telkom University Information, Universitas Telkom
Khairurrizqi, Aris Rahmansyah, Teddy Hendiawan. 2015. Perancangan Graphical User Interface “Si Jambe” Sebagai Media Pembelajaran Di Jambi, Universitas Telkom.
Hendratman, Hendi. 2010. Graphic design. Bandung: Penerbit Informatika
Nurhandyani, Yani, Susy Katarina Sianturi, Irman Hermadi, Husnul Khotimah. 2013. Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile, Jurnal Ilmu Komputer Agri-Informatika, Vol.2, No.2, 2013.
Anindita, Marsha, Menul Teguh Riyanti. 2016. Tren Flat Design Dalam Desain Komunikasi Visual, Dimensi DKV, Vol.1, No. 1, 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.