PERANCANGAN APLIKASI PENGELOLAAN MENARA TELEKOMUNIKASI (BTS) BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Helmy Faisal Muttaqin

Abstract


Persaingan di bisnis telekomunikasi seluler merupakan kompetisi panas dengan kebutuhan infrastruktur yang terus meningkat. Provider seluler berkompetisi untuk menyediakan layanan sebaik-baiknya untuk melayani kebutuhan masyarakat. Pembangunan menara telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) tumbuh 12-13% per tahun di seluruh wilayah indonesia. (data indotelko).

Memperhaikan peraturan menteri perhubungan pasal 11 dan menteri kominfo nomor 2/per/m.kominfo/3/2008 tentang pedoman penggunaan dan pembangunan menara bersama telekomunikasi, penelitian ini dimaksudkan untuk membantu stakeholder pelaksana peraturan tersebut (kominfo wilayah kabupaten/kota) dengan menyediakan perancangan aplikasi untuk mengelola menara komunikasi (BTS) di wilayahnya. Dengan bantuan teknologi informasi berbasis SIG diharapkan mampu memaksimalkan kerapihan dan ketertiban pengelolaan menara BTS di wilayah kabupaten/kota hingga sejalan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) yang telah disusun oleh pemerintah daerah kabupaten/kota

Full Text:

PDF

References


Prahasta, Eddy, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, cetakan kedua, Informatika, Bandung, 2005.

Dynastya, Haryo Sulistyarso, "Model Lokasi Menara BTS ditinjau dari Faktor–faktor penentu lokasi Menara BTS di Surabaya" JURNAL TEKNIK POMITS Vol. 2, No. 1, 2013..

Mildawani, Irina. dan Edi Minaji Pribadi. Laporan Penelitian : Open Space Evaluation to Support Land Use Planning Using Geographic Information System ( A Case Study of Depok Municipality, West Java Province). FTSP Universitas Gunadarma. 2006

Peraturan Menteri omunikasi dan Informasi Republik Indonesia No. 02/PER/M.KOMINFO/3/2008 tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Menara Bersama Telekomunikasi.

Tomy Sudiwiyono, “Pengaruh Aspek Balanced Scorecard Pada Peningkatan Pendapatan Penyewaan Tower Bts”, Thessis, Ft Universitas Indonesia, Juni 2012.

Leedy, Paul .D. Practical Research : Planning and Designing. Macmillan Publishing Co.Inc. New York, Collier Macmillan Publisher, London.

Alkadrie, Muchdie, Suhandojo. Tiga Pilar Pengembangan Wilayah: Sumberdaya Alam, Sumberdaya Manusia, Teknologi. Jakarta: Pusat Pengkajian Kebijakan Teknologi Pengembangan Wilayah, Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi. 1999.

Husnil Kamil, Format data spacial di mySql, http://husnilkamil.net/2016/08/format-data-spasial-di-mysql/, Agustus 2016.

Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informatika dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor 18 Tahun 2009; Nomor: 07/Prt/M/2009.

Erma Susanti, Dina Andayati, Web GIS (Sistem Informasi Geografis) Untuk Fasilitas Umum (Studi Kasus Di Kota Yogyakarta), Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), November 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.