KONSEP SMART BIRTH SEBAGAI PEMANTAU DATA KEHAMILAN, KELAHIRAN DAN PERTUMBUHAN BAYI

Yudhi Setiyantara, Imam Thoib, Dian Rusvinasari, Dhimas Adi Satria, Gunawan Wicahyono

Abstract


Dalam perkembangan teknologi informasi saat ini, komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang Smart City yaitu dengan diciptakannya Smart Birth yang merupakan layanan dari sebuah instansi kesehatan pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu hamil dan balita.

Permasalahan yang dihadapi yaitu terdapat beberapa kasus seperti seorang ibu rumah tangga yang lupa bahkan tidak tahu jadwal untuk melakukan pengecekan kesehatan terhadap anakanya di suatu posyandu, Ibu hamil yang tidak melakukan pengecekan kehamilan di Bidan atau Posyandu, data perkembangan bayi yang kurang terpantau, serta kurang optimalnya kinerja Posyandu dalam hal pendataan kesehatan dan perkembangan bayi.

Sistem posyandu yang awalnya masih konvensional perlu dikembangkan menjadi sistem komputerisasi. Dalam pembuatan sistem ini diharapkan dapat membantu kinerja petugas Posyandu dalam hal administrasi Posyandu, saling terintegrasinya data antara Bidan dan Posyandu, dan mempermudah Pemerintah dalam pengawasan kesehatan ibu hamil dan bayi

Full Text:

PDF

References


___. Pengertian Smart City. Available:http://www.smartcityindonesia.org/ , 1 November 2016 (16:08)

Departemen kesehatan RI. 2006. Kader Posyandu Dalam Usaha Perbaikan Gizi Keluarga. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Effendy, Nasrul. 1998. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

___. Kegiatan Posyandu. Available online at: http://posyandu.org/posyandu/1342-pengertian-posyandu-kms.html , 1 November 2016 (16:08)

Eridani, D., & Widianto, E. D. (2014). “Simulasi Aplikasi Posyandu Berdasarkan Kosep RFID (Radio Frequency Identification)”. Jurnal Sistem Komputer, Vol. 4, No 2, November 2014, ISSN: 2087-4685, e-ISSN: 2252-3456.

Wibowo, Y. W., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2014). “Perancangan Sistem Informasi Posyandu Online”. Simposium Nasional RAPI XIII - 2014 FT UMS , ISSN 1412-9612


Refbacks

  • There are currently no refbacks.