KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA KERUSAKAN MESIN COMPUTER NUMERICALLY CONTROLLED

Rd. Galih Prawira Martakusumah, Hendro Hendro Pudjiantoro, Rezki Yuniarti

Abstract


Ilmu pengetahuan merupakan salah satu hal untuk menentukan suatu keputusan yang akan diambil salah satunya untuk menentukan solusi permasalahan pada kerusakan mesin Computer Numerically Controlled (CNC), peran Knowledge Management dapat diterapkan dalam hal ini untuk menampung semua informasi tentang kerusakan mesin cnc dari waktu ke waktu secara terus menerus. Dengan Knowledge Management, suatu pengetahuan yang dimiliki individu akan dapat menjadi pengetahuan organisasi sehingga bermanfaat bagi organisasi terutama dalam meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan membahas tentang rekomendasi solusi pada kerusakan mesin cnc dari basis kasus lama yang telah ada, untuk digunakan kembali agar dapat memberikan solusi terhadap penanganan mesin cnc yang akan datang, dengan memanfaatkan pengetahuan secara komputasi dengan menggunakan bobot kasus untuk menghitung nilai kedekatan paling tinggi dan mengambil solusi dari kasus tersebut. Metode yang digunakan dalam membangun sistem pada penelitian ini yaitu menerapkan metode Case  Based  Reasoning (CBR) untuk  pencarian solusi  bedasarkan kasus  sebelumnya dan algoritma Concept Frequency – Inverse Document Frequency (Cf-Idf) digunakan untuk menentukan nilai kecocokan antara  dokumen pengetahuan dan keyword  diperlukan pembobotan. Bedasarkan analisa yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dihasilkan harus mampu memfasilitasi pengguna untuk mengefesiensikan proses perbaikan mesin cnc dengan melihat informasi-informasi yang terkemas pada sistem

Full Text:

PDF

References


R. Fitriadi, "Analisia Perbaikan Mesin CNC MA-1 Dengan Menggunakan Indikator Kinerja Overall Equipment Effectiveness (OEE)," Prosiding SNST Ke-4 Tahun , vol. 1, no. 1, pp. 26-31, 2013.

I. A. D. Kusuma, "Knowledge Management System Pada Kerusakan Pesawat Terbang Dengan Metode Case Based Reasoning dan Algoritma K-Nearest Neighbor," Seminar Nasional Informatika (SEMNAS), vol. 1, no. 1, pp. 50-62, 2014.

A. Rakhmatullah, "Knowledge Management System Di Dinas Pertanian Cianjur Menggunakan CF-IDF Dan Vector Space Model," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA 2016), vol. 1, no. 1, pp. 624-631, 2016.

M. K. Herliansyah, "Pengembangan CNC Retrofit Milling Untuk Meningkatkan Kemampuan Mesin Milling Manual Dalam Pemesinan Bentuk-bentuk Kompleks," Forum Teknik, vol. 29, no. 1, pp. 62-70, 2005.

R. Tan, "Perancangan Model Manajemen Pengetahuan Menggunakan Model Nonaka Takeuchi," Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 51-64, 2010.

T. Kristanti, "Penerapan Knowledge Management System Berbasis Website CMC Pada Divisi Produksi C.V Indotai Pratama Jaya," Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 89-100, 2013.

S. Kosasi, "Pembuatan Aplikasi Diagnosa Kerusakan Mesin Sepeda Motor Matic Dengan Case Based Reasoning," Citec Journal, vol. 2, no. 3, pp. 192-206, 2015.

M. Kartikasari, "Penerapan Case Based Reasoning Pada Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Komplain Penyewaan Mall," EECCIS, vol. 9, no. 2, pp. 138-143, 2015.

F. Goossen, W. Ijntema, F. Fransincar and F. Keymak, "News Personalization Using The CF-IDF Semantic Recommender," Erasmus University Rotterdam, 2011.

M. Fowler, UML Distilled Panduan Singkat Bahasa pemodelan Objek Standar Edisi 3, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.