ANALISIS DAN PERANCANGAN WEB E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PARA PELAKU INDUSTRI KREATIF DI ALASMALANG

Muh. Fuad Al-Haris, Eka Mistiko Rini

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah banyak menciptakan peluang usaha mandiri untuk para produsen  dan retailer  yang dilakukan secara elektronik. Transaksi elektronik dilakukan menggunakan media internet. Manfaat dari transaksi elektronik ini adalah  dapat  menekan  biaya  barang  dan  jasa  serta  dapat  meningkatkan  kepuasan konsumen  terkait  dengan  kecepatan   dalam  mendapatkan  produk   yang  diinginkan. Transaksi perdagangan online memungkinkan transaksi dilakukan dengan cepat dan biaya yang murah tanpa melalui proses yang berbelit-belit dimana pihak pembeli cukup mengakses internet ke website yang mengiklankan produk dan kemudian pihak pembeli cukup mempelajari ketentuan dari pihak penjual.

Industri kreatif merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan saat ini tengah digalakkan di Banyuwangi. Selain itu kelompok ini terbukti tahan terhadap gocangan krisis ekonomi. Maka sudah menjadi keharusan untuk memperkuat dan mendukung pelaku Industri kreatif ini. Sementara promosi produk dari Industri kreatif sendiri masih dalam bentuk pameran yang dilakukan sebatas di daerah tertentu di Banyuwangi saja. Desa Alasmalang merupakan salah satu kawasan sentra industry kreatif di Kabupaten Banyuwangi. Berbagai produk kerajinan rumah tangga bahkan yang bernilai seni budaya banyak diproduksi

Full Text:

PDF

References


Jauhari, Jaidan., “Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dengan Memanfaatkan E-Commerce”, Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 2, NO. 1, April 2010 Halaman 159-168, ISSN Print : 2085-1588, ISSN Online : 2355-4614 http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index.

Lesmono, Ibnu Dwi,. “Pengaruh Penggunaan E-Commerce Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model”, Evolusi Vol.III No.1 Maret 2015 ISSN: 2338-8161.

Suryohadi,. Susrama, I Gede,. “Rancang Bangun E-Commerce Untuk Promosi Batik Tulis Jawa Timur Dengan Teknologi Ajax”, SCAN VOL. VII NOMOR 3, ISSN : 1978-0087.

_______________________ ”Bisnis Online”, http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis_online.

Purbo, Onno W., ”Mengenal E-Commerce, ” PT Elex Media Komputindo, Jakarta, hlm. 2.Prahasta, Eddy, 2005, Sistem Informasi Geografis : Tutorial Arc View, Informatika, Bandung. 2000.

Suyanto,M, ”.Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, “Yogyakarta 2003.

Andayani, Farida., dan Febrian, Jack., 2002, Kamus Komputer dan Istilah Teknologi Informasi, Penerbit Informatika Bandung, Bandung.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.