DSS PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN PERBAIKAN RUMAH DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Vickky Listyaningsih, Hendra Setiawan, Eko Sudrajat, Ryan Putranda Kristianto

Abstract


Rumah memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu dan keluarga tidak saja mencakup aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial. Faktor kemiskinan membuat masih banyak warga di kelurahan Arcawinangun Purwokerto  yang memiliki rumah tidak layak huni. Adanya program pemerintah yang digunakan untuk penanggulangan kemiskinan salah satunya adalah Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman Perkotaan (P2KKP Perkotaan) yang dilakukan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Namun karena keterbatasan dana maka penerima bantuan harus diseleksi. Proses penyeleksian selama ini masih sangat subjektif berdasarkan persepsi masing-masing anggota Tim BKM. Dan ini menimbulkan rasa ketidakadilan bagi warga calon penerima yang lain. Karena hal itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu menentukan penerima bantuan perbaikan rumah dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan. Model yang akan digunakan adalah Weighted Product (WP). Metode ini dipilih karena dapat Mengevaluasi beberapa alternatif terhadap sekumpulan atribut atau kriteria, dimana setiap atribut saling tidak bergantung satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat yang akan menerima bantuan perbaikan rumah. Salah satu keunggulan sistem yang dibangun adalah sifat dari kriteria penilaian yang digunakan untuk proses perhitungan bersifat dinamis karena dalam setiap penerimaan user dapat menambah atau mengurangi data kriteria penilaian sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan. Penerapan Weighted Product dalam DSS Pemilihan penerima bantuan perbaikan rumah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hasil lebih baik sehingga penilaian dapat dilakukan secara lebih objektif.


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang No. 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman

Agus Setiawan, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Bantuan Bedah Rumah Menggunakan Metode Weighted Product (WP)”. Purwokerto : STIMIK AMIKOM, 2016.

Danik Kusumawardani, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Layak Huni Dengan Menggunakan Weighted Product (WP)”. 2014.

Eni Suryeni, Yoga Handoko Agustin, Yuli Nurfitria, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Bantuan Beras Miskin Dengan Metode Weighted Product Di Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya”, Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015 STMIK STIKOM Bali, 9 – 10 Oktober 2015.

Kusrini, Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Kusumadewi Sri dan Hartati Sri., Fuzzy Multi Attribute DecisionMaking (Fuzzy-MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta, 2006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.