SIMULASI PENDETEKSI AMBANG BATAS GETARAN VERTIKAL BERBASIS MIKROKONTROLER SEBAGAI INDIKATOR KENYAMANAN DAN KEAMANAN PENGENDARA PADA KENDARAAN BERMOTOR

Alfan Yuli Wicaksono, Haris Ilman Fiqih, Mohamad Imam Ramadhan, Isman Djulfi, Setya Wijayanta

Abstract


Keselamatan serta kenyamanan berkendara merupakan bagian yang sangat pokok seiring dengan berkembangnya teknologi. Kelayakan kendaraan untuk dapat beroperasi tidak pernah lepas dari perawatan yang rutin dilakukan. Segala jenis noise serta getaran yang dapat membahayakan kesehatan sering dirasakan pengemudi. Terdapat nilai ambang batas dalam getaran (Hertz) yang dapat diterima oleh pengemudi dan sudah ada penelitian terhadap penentuan terhadap nilai ambang batas. Faktor penyebab yang sangat sering dirasakan oleh pengemudi terhadap getaran adalah di bagian kaki-kaki kendaraan (onderstel). Untuk mengantisipasi terhadap kerusakan bagian kendaraan tersebut dan kesehatan oleh pengemudi maka diperlukanlah suatu sistem pemberi informasi terhadap getaran yang terjadi apabila melewati ambang batas dan sebagai indikator untuk mengetahui terjadi keusakan di bagian kaki-kaki kendaraan.

 

Dalam penelitian ini disimulasikan dengan rancang bangun menggunakan software simulasi elektronika. Sistem ini bekerja saat terjadi getaran yang melebihi ambang batas terhadap kesehatan tubuh pengemudi. Sistem ini terdiri sensor getaran (Vibration sensor) sebagai input dan sistem informasi berupa LCD yang menampilkan keadaan akibat getaran yang melebihi ambang batas yang dikontrol secara otomatis oleh Mikrokontroler Atmega16. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penggunaan software ISIS Profesional 7, sistem pendeteksi getaran dapat disimulasikan dengan baik. Simulasi ini dapat  pula direalisasikan sebagai produk nyata dan dapat diimplementasikan guna menunjang keselamatan dan kesehatan dalam berkendara.


Full Text:

PDF

References


http://doyoyekti.staff.telkomuniversity.ac.id/bahaya-getaran/, diakses pada tanggal 19 Desember 2016.

https://id.scribd.com/document/231404966/revisi-bahaya-fisika, diakses pada tanggal 19 Desember 2016.

Nyoman Sutantra dan Bambang Sampurno, “Teknologi Otomotif”, edisi kedua, ITS, Surabaya, 2010.

Ariadie Chandra N., M.T, Muhamad Ali, M.T. Hartoyo, M.Pd., M.T., Andik Asmara, S.Pd., Aditia Putra Kurniawan, Setyo Negoro,“Module ProteusProfesional 7.5 Isis Digital”, Program Pengabdian Masyarakat (Ppm) 18-20, Juli 2012.

Suprapto; “Aplikasi dan Pemrograman Mikrokontroler AVR”, UNY Press, Yogyakarta, 2012.

Ernest J.Mc Cormick; “Human Factors in Engineering and Design”, Mc Graw Hill, New York, 1976.

J. Li, Y. Y. Qin, Q. Zhao, and W. Zhang, “A pseudo excitation method for automotive vibration analysis,” Mechanical Science and Technology, vol. 28, no. 3, pp. 281–285, 2009.

Thomas D. Gillespie; “Fundamentals of Vehicle Dynamics”, Society of Automotive Engineer. Inc, 1994.

Young Li Yoo dan Buyung Woon Jin; “The Characteristic of The Shock Force Induced in The Switchable Damper During Its Mode Change”, Proceeding, IPC –III on Automotive Eng., Bali, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.