MODEL DATA KONSEP DIGITALISASI KARTU AK/1 DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PENYALURAN INFORMASI LOWONGAN PEKERJAAN

Irwan Oyong, Awaludin Abid, Hasnan Afif, Izzatil Ishmah Fajrin, Arief Munandar

Abstract


Kartu AK/1 yang merupakan syarat wajib untuk dimiliki oleh pencari kerja sebagai bukti diri, fungsinya berakhir pada saat proses pencarian kerja selesai, dan dikembalikan oleh perusahaan kepada Dinas Tenaga Kerja. Belum ada keberlanjutan fungsi yang berhubungan dengan pengelolaan track record tenaga kerja seperti curriculum vitae, pengalaman kerja, dan preferensi pekerjaan yang bisa dimanfaatkan sebagai media penyaluran informasi lowongan pekerjaan dan sumber data angka tenaga kerja.

Diperlukan sebuah model data yang kompleks dan mampu mengelola semua data yang terlibat, terutama data pencari kerja, kompetensi diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, perusahaan, dan lowongan pekerjaan. Dengan ketersediaan kumpulan data tersebut, akan dapat dilakukan perhitungan kecocokan antara data pencari kerja dan lowongan pekerjaan untuk dilakukan penyaluran informasi.


Full Text:

PDF

References


Kuryanti, Sandra Jamu. "Rancangan Aplikasi Pengajuan Kartu Kuning Secara Online (Studi Kasus : Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Musi Rawas)", in Proc. SNIT 2015, pp.37, 2015.

Indrajani. “Perancangan Basis Data dalam All in 1, (1st edition)”, Elex Media Komputindo, Jakarta. 2011

Laudon, Kenneth C. dan Laudon, Jane P. “Management Information Systems: Managing The Digital Firm, 8 th edition”. Prentice Hall, New Jersey. 2005.

Wahyudi, Bambang. “Konsep Sistem Informasi : Dari Bit Sampai Ke Database”. Andi Offset. Yogyakarta. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.