OPTIMALISASI DATA PADA BAGIAN PENJUALAN DENGAN MENGGUNAKAN DATA MART DI PT. XYZ

Hendro Poerbo Prasetiya, Yogi Eka Sakti

Abstract


PT XYZ merupakan sebuah perusahaan yang didirikan sejak tahun 1985. PT XYZ memiliki bermacam macam bagian dalam menjalankan fungsi bisnisnya, Salah satunya adalah bagian penjualan. Walaupun sudah menggunakan system informasi sejak bulan September tahun 2012, namun terdapat kendala dalam bagian penjualan dalam membuat laporan penjualan. Seringkali bagian penjualan mengalami kesulitan untuk memberikan laporan penjualan kepada pemilik secara cepat sehingga pengambilan keputusan manajerial menjadi terhambat.

Oleh karena itu diperlukan sebuah Data Mart pada bagian penjualan dengan tujuan untuk membantu bagian penjualan dalam pembuatan laporan di bagian tersebut serta membantu pimpinan perusahaan untuk mengetahui informasi penjualan dengan cepat sehingga  dapat membuat pengambilan keputusan manjerial dengan efektif dan efisien.

Hasil yang diperoleh dengan adanya Data Mart pada bagian penjualan PT XYZ adalah untuk memberikan informasi berupa grafik mengenai laporan penjualan pada bagian tersebut kepada pimpinan perusahaan sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat serta kinerja perusahaan pada bagian penjualan menjadi efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


. Indrajani, “Perancangan Basis Data dalam All in 1”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2011

. Williams, B. K. & Sawyer, S. C. ,”Using Information Technology: A Practical Introduction to Computers & Communications”, New York: McGraw-Hill.2011

. Connolly, T. & Begg, “C Database Systems: a practical approach to design, implementation, and managemen”. America: Pearson Education.,2010

. Turban, Sharda, Delen, & King. “Business Intelligence Dashboard”,John Willey & Sons, 2011

. Stair, R. M. & Reynolds, G. W. “Fundamentals of Information Systems (With Access Code”). USA: Cengage Learning.2012

. Kimball, R. dan Ross. “The Data Warehouse Lifecycle Toolkit” Indianapolis:Wiley Publishing Inc, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.