PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI PADA LAYANAN INFORMASI PEMERINTAH BERBASIS WEB MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Eka Wahyu Hidayat, Nurul Hiron, Hamdika Rizki Pradhana

Abstract


Layanan yang diberikan website Kota Tasikmalaya seharusnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kepuasan terhadap kebutuhan informasi yang diberikan kepada masyarakat menjadi tolak ukur agar website Kota Tasikmalaya menjadi alat bantu pelayanan kepada masyarakat yang dapat diandalkan. Selama ini belum pernah dilakukan kajian tentang kepuasan masyarakat terhadap website Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap website Kota Tasikmalaya menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dengan variabel Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Behavioral Intention To Use, Actual Usage dan metode analisis verifikatif statistik menggunakan model analisis Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil perhitungan yang didapatkan dengan nilai R square sebesar 0.57 atau 57% maka disimpulkan bahwa masyarakat Kota Tasikmalaya merasa puas terhadap kualitas layanan website Kota Tasikmalaya.


Full Text:

PDF

References


Kominfo, “Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government”, Kementerian Komunikasi dan Informasi Deputi Bidang Telematika, 2003.

Yamin, Sofyan, “Rahasia Olah Data Lisrel”. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014.

Davis, F.D, “Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use and User Acceptance of Information Technology, MIS Quarterly”, 1989.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.