USULAN TAHAPAN PERBAIKAN TATAKELOLA TI PADA PT XYZ BERDASARKAN HASIL PENILAIAN COBIT 4.1 MATURITY MODEL

Heru Nugroho

Abstract


Tatakelola TI adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh organisasi untuk melakukan penyelarasan strategi TI dengan tujuan yang akan dicapai. Dalam sebuah perusahaan tatakelola TI merupakan. Perseroan Terbatas XYZ adalah sebuah perusaaan BUMN yang akan menerapkan Good Corporate Governance sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER - 02/MBU/2013 untuk mewujudkan pelaksanaan tata kelola TI yang baik dengan penerapan pola standarisasi kerangka pengelolaan TI. Salah satu sasaran yang ingin dicapai dengan adanya peraturan tersebut adalah tingkat kematangan dari Tata Kelola TI BUMN minimal berada pada level 3 sesuai dengan maturity level yang ditetapkan. COBIT 4.1. Bagaimana sebuah BUMN dapat mencapai tingkat kematangan tersebut serta bagaimana melakukan perbaikan berdsarkan penilaian adalah permasalahan yang dihadapi oleh BUMN. Salah satu metode yang digunakan sebagai alat untuk melakukan bench marking dan self-assessment oleh manajemen teknologi informasi secara lebih efisien adalah dengan menggunakan maturity model. Hasil penilaian akan menjadi dasar bagaimana melakukan perbaikan sebagai bagian dari continuous improvement. Pada tahap awal akan dilakukan pengumpulan dokumen, pemetaan dokumen terhadap proses dalam COBIT 4.1, pengumpulan data, pengolahan data, validasi hasil, dan rekomendasi perbaikan.


Full Text:

PDF

References


The IT Governance Institute.Board Briefing on IT Governance. IT Governance Institute. 2004.

Van Gembergen, Wim. Strategies For Information Technology Governance. Idea Grup Inc. 2004.

Webb, P.; Pollard, C.; Ridley, G., "Attempting to Define IT Governance: Wisdom or Folly?," in System Sciences, 2006. HICSS '06. Proceedings of the 39th Annual Hawaii International Conference on , vol.8, no., pp.194a-194a, 04-07 Jan. 2006.

Surendro, Kridanto. Rancangan Tatakelola Teknologi Informasi Untuk Pabrik Pupuk. Jurnal Informatika Vol. 9. 2008.

The IT Governance Institute. COBIT 4.1. IT Governance Institute.2007.

Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER - 02/MBU/2013 tentang Panduan Penyusunan Pengelolaan Teknologi Informasi BadanUsaha Milik Negara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.