APLIKASI UNTUK OPTIMASI PERSEDIAAN BAHAN BAKU MENGGUNAKAN MODEL ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PABRIK TAHU DI JAWA BARAT

Reza Abdurrofi, Magdalena Karismariyanti

Abstract


Proses manajemen persediaan bahan baku kedelai di Pabrik Tahu sangat krusial karena jika kedelai disimpan lama menyebabkan kedelai membusuk sehingga hal ini menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Persediaan dapat dikendalikan dengan Model Economic Order Quantity (EOQ). Metode ini dapat menghasilkan perhitungan jumlah pesanan ekonomis dengan biaya seminimal mungkin. Aplikasi dibuat dengan fungsionalitas menghitung EOQ untuk mengendalikan jumlah bahan baku dari proses persediaan dengan Model EOQ dengan mempertimbangkan Safety stock dan Reorder point, serta menyajikan laporan akuntansi dalam bentuk jurnal, buku besar, laporan pembelian dan laporan data produksi. Pembangunan perangkat lunak menggunakan model terstruktur yang terdiri dari Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), dan desain antar muka pengguna. Aplikasi yang dirancang ini mengedepankan penggunaan data history dan automatisasi aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam manajemen persediaan. Implementasi aplikasi ini dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing terhadap fungsionalitas aplikasi dan hasil dari pengujian aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapkan


Full Text:

PDF

References


G. Shelly and H. J. Rosenblatt, Systems Analysis and Design, 9th ed., Cangage Learning, 2012.

M. Lam, "Methodologies, Tools, and Techniques in Practice for Web Application Development," Journal of Technology Research, vol. 3, p. 1, July 2012.

M. Y. Amelia, P. B. Santoso and A. Rahman, "Perancangan Sistem Basis Data Persediaan Bahan Baku Berbasis Metode Eoconomic Order Quantity (EOQ) (Studi Kasus: PT Malindo Intitama Raya)," Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, vol. 1, no. 2, pp. 322-334, 2013.

T. Hapsari, M. Karismariyanti and A. Widayanti, "Sistem Manajemen Persediaan Makanan Cepat Basi Dengan MetodeEOQ (STUDI KASUS : Bandeng Kendal MIR Bandeng Tanpa Duri)," in Konferensi Nasional Sistem Informasi, Mataram, 2013.

N. Amirulloh, Sulistiowati and J. Lemantara, "Rancang Bangun Aplikasi Perencanaan Pengelolaan Kebutuhan Bahan Baku untuk Produksi Air Bersih pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya," Jurnal Sistem Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 1-10, September 2015.

A. Wijaya, M. Arifin and T. Soebijono, "Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang," Jurnal Sistem Informasi, pp. 14- 20, 2013.

I. Fahmi, Pengantar Manajemen Keuangan, Bandung: Alfabeta, 2012.

A. Diana and L. Setiawati, Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta: Andi, 2011.

R. A. Sukamto and Shalahuddin, Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek, Bandung: Modula, 2011.

I. Yuniar and M. Karismariyanti, Perancangan Basis Data, Bandung: Depublish, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.