SISTEM OTOMATISASI RUMAH UNTUK MENGATUR DAN MEMANTAU PERANGKAT LISTRIK DENGAN MEMANFAATKAN SENSOR ARUS

Made Liandana, Made Agus Wirahadi Putra, Bagus Made Sabda Nirmala

Abstract


Otomatisasi rumah bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penghuni rumah. Dengan adanya sistem otomatisasi rumah, penghuni rumah dapat mengendalikan perangkat listrik, seperti mematikan atau menyalakan perangkat listrik dari jarak jauh tanpa harus bersentuhan langsung dengan perangkat listrik tersebut. Tidak hanya kemampuan untuk mematikan atau menyalakan perangkat listrik saja yang diinginkan oleh pemilik rumah, tetapi kemampuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi dari perangkat listrik, misalnya perangkat listrik tidak dapat menyala karena mengalami kerusakan. Oleh karena itu, fokus penelitian yang dilakukan adalah bagaimana mendeteksi kondisi dari perangkat listrik, apakah sudah menyala atau tidak menyala. Perangkat yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah single board computer dan single bard microcontroller. Single board computer berfungsi sebagai web server dan digunakan untuk menyimpan aplikasi sistem otomatisasi rumah. Aplikasi yang berbasis web ini akan digunakan sebagai antarmuka untuk mematikan atau menyalakan perangkat listrik dan menampilkan informasi mengenai kondisi dari perangkat listrik. Single board computer dengan single board microcontroller terhubung melalui jaringan komputer. Single board microcontroller juga terhubung dengan sensor arus non invasive dan relay board. Sensor arus non invasive berfungsi untuk mendeteksi arus listrik yang mengalir di sekitar perangkat listrik, selanjutnya oleh single board microcontroller informasi mengenai arus listrik tersebut akan dikirim ke aplikasi berbasis web yang tertanam dalam single board computer. Bagian relay board berfungsi memutuskan dan menyambungkan arus ke perangkat listrik. Dari hasil pengujian sistem yang dibangun sudah dapat berfungsi dengan baik dan waktu yang diperlukan oleh sistem untuk merespons perintah yang diberikan oleh user rata-rata 3.2 detik dari 30 kali pengujian.


Full Text:

PDF

References


S. Jain, A. Vaibhav, and L. Goyal, “Raspberry Pi based interactive home automation system through E-mail,” in 2014 International Conference on Optimization, Reliabilty, and Information Technology (ICROIT), 2014, pp. 277–280.

H. Elkamchouchi and A. ElShafee, “Design and prototype implementation of SMS based home automation system,” in 2012 IEEE International Conference on Electronics Design, Systems and Applications (ICEDSA), 2012, pp. 162–167.

C. Felix and I. J. Raglend, “Home automation using GSM,” in 2011 International Conference on Signal Processing, Communication, Computing and Networking Technologies (ICSCCN), 2011, pp. 15–19.

A. Kamilaris, V. Trifa, and A. Pitsillides, “HomeWeb: An application framework for Web-based smart homes,” in 2011 18th International Conference on Telecommunications (ICT), 2011, pp. 134–139.

S. Jain, A. Vaibhav, and L. Goyal, “Raspberry Pi based Interactive Home Automation System through E-mail,” Optim. Reliab. …, no. 2002, pp. 277–280, 2014.

H. ElKamchouchi and A. ElShafee, “Design and prototype implementation of SMS based home automation system,” Int. Conf. Electron. Devices Syst. Appl., pp. 162–167, 2012.

R. Teymourzadeh, S. A. Ahmed, K. W. Chan, and M. V. Hoong, “Smart GSM based Home Automation System,” in 2013 IEEE Conference on Systems, Process Control (ICSPC), 2013, pp. 306–309.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.