STUDI KELAYAKAN BISNIS DAN ANALISIS SWOT - PIECES (STUDI KASUS : E-COMMERCE BROKER MOBIL YOGYAKARTA)

Fariz Dzulfiqar Nurzam

Abstract


Di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), seorang  technopreneur dituntut untuk lebih peka dan jeli melihat  peluang yang ada di sekitarnya kemudian dikembangkan  menjadi sebuah bisnis online yang menjanjikan. Sebelum  mengembangkan bisnis online, sangat perlu untuk  melakukan analisis studi kelayakan bisnis, analisis  SWOT serta strateginya dan juga analisis PIECES dari  konsep bisnis yang akan dikembangkan.

Kasus penelitian ini adalah pengembangan E-commerce  jual mobil di region Daerah Istimewa Yogyakarta yang  memiliki keunikan utama di aftersale monetizing. Objek  dalam penelitian ini menghitung nilaai ROI, PBP, NPV,  BEP, dan Ratio B/C, melakukan analisis SWOT (S)-  Strength, (W)-Weakness, (O)-Opportunity, dan (T)-  Threat, serta analisis PIECES (P)-Performance, (I)-  Information, (E)-Economy, (C)-Control, (E)-Efficiency,  dan (S)-Services.

Adapun perhitungan yang di dalamnya meliputi biaya  infrastruktur, penyusutan, perkiraan pendapatan, dan  pengeluran laba bersih setelah pajak beserta cash flow  yang digunakan untuk mengihutng nilai kelayakan  ekonomi dengan investasi awal sebesar Rp 3.495.620,-  diperoleh nilai BEP = 6,47, PBP = 0,67 tahun, ROI =  26.53%, Ratio B/C = 1,31, NPV = Rp 1.724.330,-.  Dengan hasil angka persentase ROI diatas angka  persentase rata-rata inflasi Indonesia serta hasil Ratio  B/C dan hasil NPV bernilai positif menyatakan konsep  bisnis E-Commerce Broker Mobil Yogyakarta layak  untuk dikembangkan.  


Full Text:

PDF

References


Redwing, 'E-commerce - Redwing', 2015. [Online]. Available: http://redwing-asia.com/market-data/e-commerce-2/. [Accessed: 25- Nov- 2015].

Carmudi.co.id, "2015 Tren Industri Otomotif di Pasar Negara Berkembang - Carmudi ID", 2015. [Online]. Available: http://www.carmudi.co.id/research/. [Accessed: 15- Dec- 2015].

M. Rouse, 'What is e-commerce (electronic commerce or EC)? - Definition from WhatIs.com', TechTarget, 2015. [Online]. Available: http://searchcio.techtarget.com/definition/e-commerce. [Accessed: 13- Nov- 2015].

Suwardjono, “Akuntansi Pengantar : Proses Penciptaan Data Pendekatan Sistem”, Yogyakarta : BPFE – Yogyakarta, 2009.

Paparan Kepala Dinas Dishubkominfo DIY, 1st ed. 2014.

Bank Indonesia, "Inflation Report (Consumer Price Index)", 2015. [Online]. Available: http://www.bi.go.id/en/moneter/inflasi/data /Default.aspx. [Accessed: 15- Dec- 2015].

R. Freddy, “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman, “System Analysis and Design Methods”, 5th Ed., New York City : McGraw-Hill, 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.