PEMBUATAN GAME SOS MENGGUNAKAN ALGORITMA ALPHA BETA PRUNING

Hamdan Yuwafi, Israr Fahmi Lazuardi, Nicolas Adven Bangun

Abstract


Game merupakan salah satu hiburan yang digemari oleh beberapa masyarakat. Namun, banyak masyarakat yang menilai bahwa game tidak memliki dampak positif bagi pemainnya. Terlepas dari hal tersebut, game juga bisa melatih kecerdasan kita dalam menyelesaikan sebuah masalah. Tujuan penulisan makalah ini dimaksudkan untuk membuat sebuah game strategi sos berbasis sistem operasi android yang mampu mengasah kemampuan otak dalam menyelesaikan sebuah masalah. Pembuatan game ini menggunakan bahasa pemrograman C# dan menggunakan engine unity serta algoritma Alpha Beta Pruning. Permainan SOS ini dibuat dengan AI (Artificial Intelligence) tertentu. Pemanfaatan sistem kecerdasan buatan ini diantaranya adalah untuk pembuatan aplikasi permainan yang cerdas.


References


M. Habibie, "HabibieSystem," Unity3D: Cross-Platform Game Engine, 21 April 2012. [Online]. Available: http://bloghabibie. blogspot.co.id/2012/04/unity3d-cross-platform-gameengine. html. [Accessed 10 Desember 2015].

Kojiro16, "Cara menggunakan Bahasa Pemrograman C#," Kojiro16, 14 Februari 2010. [Online]. Available: http://billy1606.blogspot.co.id/. [Accessed 10 Desember 2015].

A. Hadisurya, "Implementasi Algoritma Minimax Pada Permainan Tic Tac Toe 5x5”, vol. 1, no. 1, p. 2, 2010.

T.Sutojo,S.Si.,M.Kom, Edy Mulyanto, S.Si., M.Kom, Dr.Vincent Suhartono,“Kecerdasan Buatan” Yogyakarta : Andi. 2011.

D. V. Suhartono, Kecerdasan Buatan, Yogyakarta: Andi, 2011.

B. Putu, "Put To Knows," Put To Knows, 27 Maret 2014. [Online]. Available: http://puttoknows.blogspot.co.id/2014/03/normal-0-false-falsefalse- in-x-none-x.html. [Accessed 10 Desember 2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.