PERANCANGAN MODEL 3D DATACENTER MENGGUNAKAN MATERIAL DAN PENCAHAYAAN VRAY

Bhanu Sri Nugraha

Abstract


Dalam proses menghasilkan obyek tiga dimensi yang nyata, dibutuhkan teknik modelling, pembuatan tekstur dan pemilihan material yang sesuai. Dengan menggunakan pola tekstur yang sesuai akan berpengaruh terhadap detail obyek dan kesesuaian model dengan bentuk aslinya. Perlu dicermati pula efisiensi penggunaan memori dan media penyimpan data di komputer.

Pemilihan penggunaan material dan pencahayaan vray dapat membantu mencapai target hasil model tiga dimensi sebuah ruangan datacenter yang lebih realistis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemiripan ruangan virtual 3d yang dihasilkan komputer, menggunakan metode material dan pencahayaan vray dengan acuan rancangan ruangan datacenter dua dimensi.

Dengan menggunakan teknik modelling tiga dimensi, dihasilkan ruangan virtual untuk simulasi pengerjaan ruangan yang sesungguhnya, dimana skala yang digunakan adalah 1:1.


Full Text:

PDF

References


Nugraha, Bhanu Sri, Penteksturan Model Tiga Dimensi Menggunakan Metode Prosedural dan Unwrapping. jurnal DASI, Vol.12, No. 2, ISSN: 1411 – 3201, P32 - 37, Juni 2011.

Nugraha, Bhanu Sri, Perancangan Karakter 3d Menggunakan Maya Embedded Language (Mel) Script Pada Produksi Film Chronicles Of Java, Tesis, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2011.

Autodesk, The Art of MAYA 4th Edition – An Introducting to 3D Computer Graphics, MAYA Press, CA-USA, 2007.

Autodesk, Learning Autodesk MAYA 2008 – The Modelling & Animation Handbook, MAYA Press, CA-USA, 2007.

Nikos Sarris, Michael G. Strintzis, 3D Modeling and Animation: Synthesis and Analysis Techniques for the Human Body, IRM Press, USA, 2005.

Chen Chang, Chin, Yu Lin, Chen, Texture Tiling on 3D Models Using Automatic Polycube-maps and Wang Tiles, Journal of Information Science & Engineering, Vol. 26, 2010.

In Yeop Jang, Ji-Ho Cho, Kwan H. Lee, 3D human modeling from a single depth image dealing with self-occlusion, Springer Science+Business Media, LLC, 2011

Imran Ahmed and Satish Janghel, 3D Animation: Don’t Drink and Drive, SERSC International Journal of u- and e- Service, Science and Technology Vol.8, No.1 (2015), pp.415-426 http://dx.doi.org/10.14257/ijunesst.2015.8.1.36 ISSN: 2005-4246 IJUNESST Copyright ⓒ 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.