GAME EDUKASI “PETUALANG ADIT DAN RARA” DENGAN METODE PHEG (Playability Heuristic Evaluation for Educational Games)
Abstract
Salah satunya cara untuk menjaga lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya . Banyak faktor yang diakibatkan oleh sampah , penyakit, kerusakan lingkungan, bencana alam dan sebagainya. Hal ini menjadi penting dan harus dikenalkan dan dibiasakan sejak dini dengan mengajarkan anak untuk mencintai lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini sangat didukung oleh perkebangan teknologi untuk membantu edukasi anak terutama tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dengan belajar secara fun melalui game. Untuk menciptakan game yang bagus dan diterima oleh user perlu dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode PHEG (Playability Heuristic Evaluation for Educational Games) . Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan ada tiga heuristik yang menjadi perhatian utama hal itu dilihat dari hasil persentase yang diperoleh oleh masing-masing heuristik. Masing-masing heuristik tersebut adalah content dengan persentase 38%, Playability dengan persentase 36% dan Multimedia dengan persentase 40%. Untuk ketigannya masih jauh dikatakan baik jika standar tingkat baik minimal dengan persentase 80%. Namun bukan berarti untuk heuristik Interface dan Educational Element sudah baik karena secara hasil diperoleh 67% dan 75% hanya saja untuk Interface dan Educational Element sudah mendekati persentase 80%, dan juga tentunya masih harus dilakukan perbaikan.
Full Text:
PDFReferences
Kementrian Lingkungan Hidu,. Status Lingkungan Hidup Indonesia 2012. Pilar Lingkungan Hidup Indonesia. Ministry Of Environment The Republic Of Indonesia, 2012.
T.M Kurniawan. 2011. Perancangan Game Edukasi”Fish Identity ”Dengan Menggunakan Java. Jurnal Sistem Komputer Vol. 1 No.1 Tahun 2011, ISSN:2087-4685
Funk, J. B. (2002). Electronic games .In V. Strasburger and B. Wilson (Eds.) , Children,adolescents, and the media (pp. 117-144). Thousand Oaks, CA: Sage.
Hasiah M O dan Azizah J. 2011.Tools to Evaluate Usability of Educational Computer Game (UsaECG). in 2nd International Conference on User Science and Engineering (i-USEr 2011). Kuala Lumpur. Malaysia.
Handriyantini, Eva.. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Konferensi dan Temu Nasional TIK. Jakarta [6] Basriyanta. Memanen Sampah. Kanisius, Yogyakarta. . 2007
E. Yee Leng, et al. 2010. Computer games development experience and appreciative learning approach for creative process enhancement. Computers & Education. vol. 55, pp. 1131- 1144
M. González, L. Masip, A. Granollers, and M. Oliva,Quantitative analysis in a heuristic evaluation experiment, Advances in Engineering Software,vol 40 (12), 2009, 1271-1278
Refbacks
- There are currently no refbacks.