MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MAHASISWA BERBASIS ANIMASI
Abstract
Pembelajaran saat ini sudah memasuki era digital, dimana masyarakat luas khususnya pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) cenderung mengakses informasi melalui media TIK. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa ibu yang keberadaannya harus tetap dipertahankan dan dipelajari khusunya para mahasiswa, karena salah satu kecakapan dalam dunia kerja tidak hanya kemampuan teknis saja, melainkan juga komunikasi yang didalamnya ada unsur Bahasa. Dengan berubahnya perilaku masyarakat khususnya mahasiswa dalam melakukan pembelajaran, maka peneliti membuat suatu media pembelajaran berbasis animasi untuk level mahasiswa yang disesuaikan dengan SAP Program Studi Sistem Komputer STIKOM Bali. Teknologi untuk mengembangkan aplikasi ini diantaranya adalah Adobe Potoshop, Macreomedia Flash, dan Lectora. Dan pembuatan storyboard untuk mendukung alur analisis dari multimedia pembelajaran yang dibuat.
Full Text:
PDFReferences
Chrisna A, M.Arief S. Multimedia Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Teknologi Informasi. 2010; 6(1): 4- 5.
Dony A. Keamanan Multimedia. Yogyakarta: ANDI. 2009.
H.Hamid. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Materi Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Kinerja dan Teknologi Pendidikan. 2013 : 5.
Septiana F, Dhami JD, Dewi T. Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Company Profile Generic (Studi Kasus CV. Genetic). Algoritma. 2012; 01(09): 4-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.