ANALISIS PERUBAHAN BENTUK KARAKTER SON GOKU DALAM FILM ANIMASI DRAGON BALL

Andi Sanjaya, M. Suyanto M. Suyanto, Sukoco Sukoco

Abstract


Dalam film animasi, karakter menjadi hal terpenting untuk menceritakan sebuah cerita. Karakter menjadi hal yang sangat fundamental. Pada film animasi serial atau film animasi yang memiliki episode yang panjang perubahan karakter sangat penting dilakukan agar penonton film animasi tidak jenuh dengan karakter yang ada. Dalam penelitian ini melakukan analisis perubahan bentuk karakter Son Goku dalam film serial Dragon Ball, untuk mendapatkan pola perubahan bentuk dalam film animasi Dragon Ball. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode Manga Matrix untuk menganalisis karakter Son Goku. Dimana pada Manga Matrix memiliki 3 matrix yaitu bentuk, kostum dan personaliti. Hasil penelitian ini bahwa pola perubahan bentuk dalam karakter Sun Goku adalah perubahan dari anak-anak ke dewasa memiliki perbandingan postur tubuh, anak-anak 1:4 sedangkan dewasa 1:6,5 dengan anatomi yang berubah yaitu bentuk rahang,mata, telinga,tangan, leher dan dada. Pada saat dewasa Son Goku memiliki 4 perubahan tanpa penggabungan dengan karakter lain. Perubahannya adalah pada anatomi rambut, mata. dada dan leher. Terdapat beberapa perubahan pada kostum yaitu berupa baju, sabuk dan sepatu. Sedangkan pada perubahan personaliti terdapat perubahan pada kekuatan dan kelemahan. 7. Semua hal dari matriks baik itu dari bentuk, kostum, maupun personaliti yang tidak berubah bertujuan untuk mempertahankan ciri khas karakter Dengan mendapatkan pola perubahan tersebut, dapat menawarkan pola tersebut dalam pembuatan film animasi serial.


Full Text:

PDF

References


S Utami Dina, Animasi Dalam Pembelajaran, Majalah Ilmiah Pembelajaran Nomor 1 Volume 7 Mei 2011.

Ruyattman Melissa, Perancangan Buku Panduan Membuat Desain Karakter Fiksi Dua Dimensi secara Digital, Jurnal DKV adiwarna, vol 1 No. 2, 2013.

Wells P, 1998, Understanding Animation. London: Routledge.

Xavier Mínguez-López, Folktales and Other References in Toriyama’s Dragon Ball, SAGE, Animation:An Interdisciplinary Journal 2014, Vol. 9(1) 27 –46,2 014.

I Made Apriwan Diputra, dkk., 2014, Visual Manga Cerita Spesial Doraemon-Canda, Jurnal Jurusan Pendidikan Seni Rupa, 2014

Tsukamoto, H. 2006. Manga Matrix: Create Unique Characters Using the Japanese Matrix System, USA: Collins Design.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.