PENERAPAN METODE C4.5 DALAM MENENTUKAN STATUS DIET

Edy Victor Haryanto

Abstract


Program Diet merupakan sebuah tes yang sering diikuti  oleh manusia untuk mengetahui status diet pada tubuh  mereka. Tes ini bertujuan untuk mengukur status diet  seseorang yang terdiri dari tes tinggi badan, Berat  badan dan usia. Selama ini, penilaian tes masih  dilakukan secara manual dan apabila terdapat banyak  data yang akan diolah tentunya akan memerlukan waktu  yang lama untuk menentukan hasil tes dan mengetahui  siapa saja yang harus diet atau tidak . Berdasarkan hal  inilah, penulis berusaha membuat sebuah sistem yang  dapat membantu pengolahan untuk seseorang apakah  harus diet atau tidak, criteria yang digunakan dalam  penelitian ini adalah Jenis Kelamin, Usia, Tinggi Badan,  Berat Badan dengan menggunakan metode C4.5, untuk  perhitungan manualnya dengan bantuan Microsoft  Excel. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa nilai Berat  Badan berada di Gain paling atas. Berdasarkan hal ini  dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai Berat  Badan seseorang akan mempengaruhi untuk wajib diet  atau tidak. Software yang digunakan untuk penelitian ini  adalah WEKA  


Full Text:

PDF

References


Wahyu, Ranny Ningrat dan Budi Santosa, “Pemilihan Diet Nutrien bagi Penderita Hipertensi Menggunakan Metode Klasifikasi Decision Tree (Studi Kasus : RSUD Syarifah Ambami Ratu Ebu Bangkalan), ITS.

Kurnia R, “Karakteristik Penderita Hipertensi yang dirawat inap di bagian Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Kota Padang Panjang Tahun 2002-2006, 2007, Skripsi, Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.