EVALUASI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA STIE – AMIK LEMBAH DEMPO PAGARALAM MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL VERSI 3)

Yusi Nurmala Sari Nurmala Sari Sari, M.Junius Effendi

Abstract


Kemunculan internet telah membuat revolusi yang sangat besar dalam aktivitas – aktivitas yang ada di dunia ini, termasuk institusi pendidikan yang hampir seluruhnya telah mempunyai fasilitas internet dan website yang merupakan salah satu bentuk layanan informasi terhadap mahasiswa, dosen, alumni, dan masyarakat umum. Melalui website, institusi pendidikan dapat mempublikasi profil lembaganya dan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan dosen untuk mempublikasikan tulisan, jurnal, skripsi, dan karya ilmiah lainnya. STIE – AMIK Lembah Dempo Pagar Alam dinilai belum optimal dalam pemanfaatan website yang telah ada, sehingga website yang ada saat ini implementasinya masih perlu banyak diperbaiki. Dalam melakukan pengukuran kinerja implemtasi web diperlukan suatu metode yang pas dan mudah digunakan, Framework Information Technology Infrastructure Library merupakan salah satu konsep pengukuran yang diyakini akan memberikan pandangan yang menyeluruh dan cepat akan kondisi suatu organisasi bagi level/tingkat atas.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, proses event management, incident management, dan monitoring and control pada domain Service Operation yang diberikan oleh situs website STIE – AMIK Lembah Dempo Pagar Alam secara umum berada pada tingkat kematangan defined process, yaitu terdapat bukti bahwa institusi mengetahui adanya permasalahan yang harus diatasi, dan telah diproses menggunakan metode yang telah distandarkan dalam penyelesaiannya, telah mendefinisikan dengan jelas langkah-langkah yang akan dipergunakan dalam menunjang pelayanan. Secara umum pendekatan kepada pengelolaan proses telah terorganisasi secara baik.

Kata Kunci : Internet, Website, Framework Information Technology Infrastructure Library


Full Text:

PDF

References


Alvin A. Arens dan James K. Loebbecke. 2003. Auditing. Edisi Indonesia. Jakarta. [2] Cahyaningtyas, AR. Anggun., Rahardja, Yani dan Fridz W, Agustinus. 2012. Audit Sistem Informasi dengan ITIL Version 3 Sub Domain Service Desk, Incident Management, dan Problem Management di Bidang Keuangan Dishubkombudpar Kota Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, Vol. 9. No.2, Agustus 2012 : 101 – 200 [3] Maliki, Irfan. 2010. Manajemen Resiko Teknologi Informasi Untuk Keberlangsungan Layanan Publik Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL Versi 3). Universitas Komputer Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010). ISSN: 1907 – 5022. [4] Orand, Brady. 2011. Foundations of ITIL Service Management. ISBN: 1466231327.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.