PROTOTIPE GAME MAZE CHASER DENGAN ALGORITMA A*

Aditya Haryanov

Abstract


Perkembangan dunia game semakin pesat.hal ini diikuti dengan semakin bertambahnya jenis game. Salah satunya Casual Game / Game Casual. Game Casual adalah game yang sedang popular di kalangan remaja sekarang. Semenjak boomingnya beberapa jenis game casual yang akhirnya mulai banyak dilirik game player terutama player dari Indonesia. Sudah banyak konsep konsep non teknologi yang telah diimplementasikan ke dalam sebuah game. Salah satunya adlaah konsep kecerdasan buatan atau A.I. Kecerdasan Buatan ialah membuat mesin bekerja seperti manusia. Sekarang sudah ada berbagai macam algoritma kecerdasan buatan yang bisa digunakan tergantung dari tujuan dan fungsinya. Salah satnya Algoritma A*. Algoritma A* adalah algoritma kecerdasan buatan untuk mencari jalur terpendek dari suatu titik ke titik lainnya. Berdasarkan masalah diatas, disini penulis mencoba membuat sebuah game casual yang mungkin masih jarang jenisnya di pasaran yaitu jenis maze runner yaitu player menghindari musuh didalam sebuah labirin. Di game ini penulis akan menerapkan konsep Kecerdasan Buatan dengan Algoritma A* yang diharapkan membuat game ini menjadi lebih interaktif dan dinamis dengan musuh yang bisa berfikir / mengabil keputusan sendiri


Full Text:

PDF

References


Victor, Hamidi Ivan, Aldillah Diko. “Algoritma A* (A Star) Sebagai Salah Satu Contoh Metode Pemrograman Branch and Bound”.http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/ Makalah/MakalahStmik24.pdf, 26 November 2015

Fullerton, T. 2008. Game Design Workshop, Second Edition: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games (Gama Network Series) Morgan Kaufmann

Anonim, 2015. Engertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli. http://www.pendidikanmu.com/2015/04/pengertiankecerdasan- buatan-menurut-para-ahli.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.