MOBILE GAME CERITA I LUTUNG DAN I KAMBING BERBASIS ANDROID

Gde Sastrawangsa, I Gede Harsemadi, I Gst A Adi Prawira

Abstract


Proyek penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kembali cerita rakyat Bali I Lutung dan I Kambing kepada masyarakat dalam bentuk game yang dimainkan dengan perangkat mobile. Jenis game adalah endless game, yaitu permainan akan terus berlangsung selama pemain belum kalah. Terdapat 3 endless game yang terbagi di 3 chapter, yang diawali dengan cerita dalam bentuk visual novel pada setiap chapternya. Metode perekayasaan menggunakan konsep Multimedia Development Life Cycle, dan menggunakan UML sebagai diagram perancangannya. Semua karakter dalam cerita dan game dibuat dengan sketsa tangan kemudian dipindahkan ke komputer serta finishing menggunakan Adobe Illustrator. Game dibuat menggunakan bahasa pemrograman Lua pada Corona SDK, dan berjalan pada sistem operasi Android. Game I Lutung dan I Kambing dapat dijadikan sebagai sarana untuk melestarikan serta menambah ketertarikan masyarakat terhadap cerita rakyat Bali.


References


IN. Arnawan, M.A. Purwantara, R. Hadi, “Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali I Ceker Cipak Berbasis Android”, Skripsi, Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2015

N.W.N Arisanti, M. Naseer, N.W. Deriani, “Aplikasi Game Interaktif I Ketimun Mas Teken I Raksasa Berbasis Android”, Skripsi, Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2015

D. Setiawan, M.A. Purwantara, “Aplikasi Game Interaktif Malin Kundang”, Skripsi, Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2015

A.A.N.P. Pramuditha, G. Sastrawangsa, G.R.A. Sugiartha, “Game Windows Phone Pendekar Si Pitung Berbasis Html 5 Menggunakan Construct 2”, Skripsi, Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2014

K.W. Kasnadi, M.A. Purwantara, I.B. Suradarma, “Pengembangan Game Leak Bali Berbasis Unity 3D”, Skripsi, Sistem Komputer STMIK STIKOM Bali, 2013

I.C. Sibero, Langkah Mudah Membuat Game 3D, MediaKom Yogyakarta, ISBN 9789798770401, 2009

N. Safaat H., Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung, ISBN 6028758529, 2012

M.L. Agung, Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash Pro CS5.5, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2011

Madcom, Kupas Tuntas Adobe Illustrator CS5, Andi Offset, Yogyakarta, ISBN 9789792925256, 2011

D. Williams, Corona SDK Application Design, Packt Publishing, UK, ISBN 9781849697361, 2013

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Jawa, Andi Offset, Yogyakarta, ISBN 9789792909890, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.