ANALISIS FITUR DENGAN METODE CUSTOMER KNOWLEDGE MANAGEMET (CKM) PADA SITUS KPU (KPU.GO.ID)

Hendra Setiawan, Edi Susilo, Ryan Putranda Kristianto, M. Arif Firdaus, Deddy Gunawan

Abstract


Berawal dari kesulitan instansi baik di lingkungan instansi perusahaan maupun pemerintah dalam memanajemen hubungan masyarakat, dimana instansi tersebut dianggap belum mampu memenuhi kebutuhan dan mengerti apa yang diinginkan masyarakat. Instansi membutuhkan kerangka kerja baru untuk mengelola interaksi antara instansi dan masyarakat secara utuh dan efisien. Oleh karena itu,, peneliti melakukan analisis fitur dimana peneliti menerapkan metode CKM (Customer Knowledge Management), penelitian – penelitian yang relevan sebelumnya sudah dilakukan dengan menggunakan metode CKM untuk menganalisa, men-justice apakah sistem yang berjalan sudah dapat dikatakan memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat? Metode CKM dilakukan dengan melihat dari sisi user sebagai pengguna, sehingga metode CKM ini tidak bisa digunakan untuk menganalisa fitur yang ada dari sisi stakeholder lain misal : admin KPU, Ketua KPU, dsb, meskipun dari metode ini pun peneliti dapat mengasumsikan bagaimana sistem yang berjalan tersebut apabila dilihat dari sisi stakeholder selain masyarakat.

Analisa meliputi beberapa faktor seperti : penilaian sistem informasi dari segi konten atau informasi dimana situs KPU dianalisa berdasarkan konten informasi yang ditampilkan apakah sudah sesuai kebutuhan atau keinginan masyarakat?, penilaian sistem informasi dari segi layout atau tampilan sistem informasi dimana dilakukan analisa dari segi tampilan situs seperti tampilan menu, kecocokan tema situs dsb, penilaian sistem informasi dari segi fitur tambahan (fitur yang tidak diperlukan tapi ada) dimana situs KPU menyediakan fitur – fitur lain selain fitur utama yaitu menampilkan informasi bagi masyarakat, hasil yang didapatkan adalah beberapa fitur yang masih belum sesuai seperti masyarakat belum dapat mengakses informasi pemilu di daerahnya, tampilan situs KPU yang unfriendly. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu beberapa fitur masih belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama yang ingin mencari informasi lebih lanjut tentang Pemilihan Umum di daerahnya serta tampilan situs yang dinilai masih kurang ramah, sehingga perlu beberapa perbaikan.


Full Text:

PDF

References


Al-Shammari, M. (2009), Customer Knowledge Management: People, Processes and Technology, Hershey, New York: Information Science Reference

Gibbert, M., Leibold, M., Probst, G. (2002), “ Five styles of customer knowledge management, and how smart companies use them to create value”, European Management Journal, Vol.20 No. 5

Larson, C. F. (2001), "Management for the New Millennium - the Challenge of Change," Research Technology Management

Paquette, Scott (2006), “Customer Knowledge Management”, University of Toronto, Canada

Shani, A. B., J. A. Sena, et al. (2003), "Knowledge Management and New Product Development: A Study of Two Companies," European Journal of Innovation Management

Sun, Hongqing (2010), “CKM-embedded Innovation Marketing as Success Driver for Product Innovation Theoretical Framework and Empirical Research”, Technichen Universität Berlin, Berlin


Refbacks

  • There are currently no refbacks.