PENGENALAN CITRA TANDA TANGAN MENGGUNAKAN METODE 2DPCA DAN EUCLIDEAN DISTANCE

Danar Putra Pamungkas, Fajar Rohman Hariri

Abstract


Pada umumnya pengenalan tanda tangan dilakukan secara manual oleh seseorang dengan mencocokkan secara langsung tanda tangan yang sah dengan tanda tangan yang dilakukan saat itu. Cara tersebut memiliki kelemahan yaitu membutuhkan ketilitian pada saat memcocokan. Oleh karena itu proses pencocokan tanda tangan perlu dilakukan secara otomastis dengan sistem komputer sehingga diharapkan mempermudah dalam identifikasi tanda tangan seseorang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode 2DPCA untuk ekstraksi citra tanda tangan dan menggunakan metode Euclidean Distance untuk mencari kemiripan data tanda tangan. Dari hasil ujicoba tingkat akurasi pengenalan citra tanda tangan menggunakan metode 2DPCA mencapai 97% dengan menggunakan citra berukuran 150x150 piksel dan 200x200 piksel. Akurasi optimal dapat dicapai dengan menggunakan ukuran citra tanda tangan 150x150 dengan akurasi 97% dan kecepatan 0.37679 detik


Full Text:

PDF

References


Djunaidy, Arif., Rully Soelaiman dan Rita Rusdianah, “Verifikasi Tanda Tangan Berdasarkan Interprestasi Struktural dari Arah Gerak dan Tekanannya”, Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT2000) Universitas Gunadarma, Depok, 2000.

Abbas, Rasha,”Backpropagation Networks Prototype For Off-Line Signature Verification”, Departement of Computer Science RMIT, 1994.

Ardiansyah, Riza Firdaus,” Pengenalan Pola Tanda Tangan Dengan Menggunakan Metode PCA”, Fakultas Imlu Komputer, UNIDUS, Semarang, 2013.

Zaka Bil Fiqhi, “Pengenalan Tanda Tangan Menggunakan Analisis Komponen Utama(Pca) Dan Metode Jaringan Saraf Tiruan Perambatan Balik”,Teknik Elektro UNDIP, Semarang, 2014

Belhumeur, PN., Hespanha JP and Kriegman DJ, “Eigenfaces vs Fisherfaces : Regcognition Using Class Specific Linear Projection”, IEEE Trans on PAMI, 1997.

Yang, Jian., David Zhang and Alejandro, “Two-Dimensional PCA:A New Approach to Appearance-Based Face Representation and Recognition”, IEEE Transactions On Pattern Analysis And Machine Intelligence, 2004.

Pamungkas, Danar Putra., Ema Utami., Armadyah Amborowati.,”Komparasi Pengenalan Citra Tanda Tangan Dengan Metode 2D-PCA dan 2D-LDA”, Citec Journal, vol. 2, no. 4, pp.341-354, Agustus 2015.

Purnomo, M.H, Arif Muntasa, “Konsep Pengolahana Citra Digital dan Ekstraksi Fitur”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Smith, Lindsay, “A tutorial on Principal Components Analysis”, 2012.

Putra, Darma, “Sistem Biometrika”, ANDI, Yogyakarta, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.