APLIKASI REKAM KEHADIRAN DENGAN DETEKSI WAJAH MENGGUNAKAN METODE EIGNFACE PADA KEJAKSAAN TINGGI SULAWESI SELATAN

Erfan Hasmin

Abstract


Beberapa bagian tubuh manusia bisa menjadi identitas pribadi seseorang yang menjadikan seorang manusia berbeda dengan manusia lainnya diantaranya adalah sidikjari, DNA, Retina Mata dan Wajah, tentu saja dibutuhkan perangkat khusus untuk dapat mengenali dan mengubah data tersebut menjadi data yang dapat dikenali manusia, seperti teknologi finger print dan pemindai retina.pada [1]. kantor kejaksaan Tinggi Sulawesi. Selatan Model daftar hadir kehadiran pegawai menggunakan kombinasi sistem fingerprint dan check lock, tentu saja check lock sebagai sistem cadangan apabila sistem utama mengalami gangguan. Sering berjalannya sistem fingerprint ditemukan beberapa permaslahan diantaranya peralatan sensor jari yang sulit mendeteksi jari pegawai,sehingga proses absensi memerlukan waktu yang cukup lama.

Teknologi verifikasi kehadiran kini mulai berkembang dengan ditemukannya cara menjadikan wajah sebagai media untuk mengverifikasi, teknologi inipun sudan mulai diterapkan sebagai alat autentikasi login, serta absensi kehadiran, teknologi ini selain lebih aman dan teknologinya lebih murah, karena cukup menggunakan webcame sebagai alat untuk menerima input wajah. Teknik autentikasi wajah yang digunakan adalah eignface sebuah metode yang dapat merubah citra wajah menjadi vector-vektor matematika.

Hasil penilitian ini berupa aplikasi sebagi alat yang dapat merekam kehadiran pegawai kejaksaan tinggi Sulawesi Selatan yang dapat meminimalisir kecurangan absensi karyawan yang sering terjadi selama ini.


Full Text:

PDF

References


Sutoyo ,“Pengelolaan Citra Digital”, Andi Offset, Yogyakarta 2009

Al fatta H., Rekayasa Sistem Pengenalan Wajah, Andi Offset, Yogyakarta, 2009

Riyan Syah Putra “Perancangan Aplikasi Absensi Dengan Deteksi Wajah Menggunakan Metode Eigenface”, STMIK Budidarma 2013

Muhammad Dahria “Pengenalan Pola Wajah Menggunakan Webcam Untuk Absensi Dengan Metode Wavelet” STMIK Triguna Dharma, Me dan 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.