DATA MINING ANALISA POLA PEMBELIAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Heroe Santoso, I Putu Hariyadi, Prayitno Prayitno

Abstract


Pengelola swalayan harus mencermati pola-pola pembelian yang dilakukan konsumen. Swalayan mempunyai kekurangan, diantaranya permasalahan peletakkan barang-barang yang tidak sesuai dengan perilaku konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu. Hal ini tentunya mempengaruhi tingkat penjualan. Adanya kegiatan penjualan setiap hari, data transaksi penjualan akan terus bertambah, menyebabkan penyimpanan data semakin besar. Data transaksi penjualan hanya dijadikan arsip tanpa dimanfaatkan dengan baik. Pada dasarnya kumpulan data memiliki informasi-informasi yang sangat bermanfaat.

Berdasarkan permasalahannya diperlukan adanya sistem untuk mengolah data barang berdasarkan kecenderungannya yang muncul bersamaan dalam suatu transaksi menggunakan algoritma apriori. Penerapan algoritma apriori diharapkan akan menemukan pola berupa produk yang sering dibeli bersamaan. Pola tersebut digunakan untuk menempatkan produk yang sering dibeli bersamaan dalam sebuah area yang saling berdekatan. Adapun hasil yang dicapai berupa laporan hasil data minng pola pembelian barang yang sering dibeli secara bersamaan guna pengembangan strategi pemasaran dalam penjualan barang.

Kesimpulannya membangun aplikasi penerapan data mining analisa pola pembelian produk dengan metode algoritma apriori untuk mengetahui prilaku konsumen dalam membeli produk barang secara bersamaan, sebagai alternative keputusan dalam menentukan penempatan barang diarea yang saling berdekatan sesuai prilaku konsumen dalam membeli barang secara bersamaan.


Full Text:

PDF

References


Pressman,Roger S, 2002, Rekayasa perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (buku satu), Andi, Yogyakarta.

Davies, and Paul Beynon, 2004, “Database System Third Edition”, Palgrave Macmillan, New York.

Pramudiono,I., 2007, Pengantar Data Mining: Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data. diakses tanggal 15 mei 2015, dari http://www.ilmukomputer.org/wpcontent/ uploads/2006/08/iko-datamining.

Santoso,B.,2007, Data Mining :Teknik pemanfaatan data untuk keperluan bisnis, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Han, J and Kamber, M, 2006 “ Data Mining Concepts and Techniques, Second Edition”.Morgan Kauffman, San Francisco. http://id.wikipedia.org/wiki/Elektronika, 23 Maret 2015. https://charistasfibriani.wordpress.com

Erwin, 2009. Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan FP-Growth. Jurnal Generik Vol.4 No2. juli 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.